Thursday, 16 Zulhijjah 1441 / 06 August 2020

Thursday, 16 Zulhijjah 1441 / 06 August 2020

Dinasti Seljuk, Bangkitkan Kejayaan Islam yang Nyaris Hancur

Sabtu 11 Jul 2020 05:03 WIB

Rep: Agung Sasongko/ Red: Elba Damhuri

Peta wilayah Dinasti Seljuk.

Peta wilayah Dinasti Seljuk.

Foto: Wikipedia
Dinasti Seljuk mencapai kejayaannya ketika menguasai negeri-negeri Timur Tengah

REPUBLIKA.CO.ID -- Oleh Agung Sasongko

Dinasti Seljuk adalah sebuah pemerintahan yang bermaksud membangkitkan kembali kekhalifahan Islam yang nyaris tenggelam. Maka itu, usaha keras pun dilakukan demi tegaknya pemerintahan Islam.

Karena itu, dengan semangat yang tinggi untuk menegakkan kalimat Allah, dalam waktu singkat, Dinasti Seljuk mendapat dukungan seluruh rakyat. Mereka berhasil melakukan ekspansi dan meluaskan wilayah kekuasaan.

Dinasti Seljuk mencapai puncak kejayaannya ketika menguasai negeri-negeri di kawasan Timur Tengah, seperti Irak, Persia, Suriah, dan lainnya. Sebagai negara yang sangat kuat, Dinasti Seljuk amat disegani.

Pada 1055 M, Kerajaan Seljuk sudah mampu menembus wilayah kekuasaan Dinasti Abbasiyah dan Dinasti Fatimiah. 

Dua dasawarsa berikutnya, ketangguhan militer Seljuk mampu memukul mundur Bizantium yang bercokol di Palestina dalam pertempuran Minzikert 1071 M.

Pemerintahan Dinasti Seljuk yang berpusat di Anatolia itu amat toleran. Kehadirannya seakan menjadi penerang bagi rakyatnya. 

Meskipun berasal dari salah satu suku di Turki, para penguasa Seljuk sangat menghargai perbedaan ras, agama, dan gender. 

Tak heran, bila bangunan tempat ibadah umat Nasrani dan Yahudi berdiri berdampingan dengan masjid pada masa itu.

Di bawah bendera Seljuk, umat Islam dapat hidup dalam kedamaian, keadilan, serta kemakmuran. Pada era dinasti ini, aktivitas keagamaan berkembang pesat. 

Hal itu ditandai munculnya kegiatan sufisme. Tak cuma itu, ilmu pengetahuan turut berkembang. Sederet ilmuwan dan ulama muncul dari Dinasti Seljuk, seperti Al-Ghazali dan Umar Al-Khayam.

Kekaisaran Seljuk juga sangat mendukung dan mendorong perkembangan kebudayaan. Salah satunya seni bina bangun atau arsitektur. 

Tak heran, bila pada era kekuasaan Dinasti Seljuk banyak berdiri karya arsitektur yang mengagumkan. Dinasti ini mampu menghidupkan kembali pencapaian Kekhalifahan Umayyah dan Abbasiyah dalam bidang bina bangunan. 

BACA JUGA: Awal Mula Bani Israil Minta Sabtu Jadi Hari Ibadah

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA