Jumat 10 Jul 2020 16:09 WIB

Tina Toon Ungkap Pesan Terakhir dari Papa T Bob

Tina Toon sempat berkomunikasi dengan Papa T Bob beberapa waktu lalu.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Mantan penyanyi cilik Tina Toon sempat berkomunikasi dengan Papa T Bob beberapa waktu lalu.
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Mantan penyanyi cilik Tina Toon sempat berkomunikasi dengan Papa T Bob beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi Tina Toon sempat menjalin komunikasi dengan Papa T Bob sebelum pencipta lagu tersebut tutup usia. Tina mengatakan, pesan terakhir yang diutarakan oleh Papa T Bob kepadanya adalah terkait kelestarian lagu anak.

"Pesan Om Papa T Bob terakhir adalah tetap bisa melestarikan lagu-lagu anak," ungkap Tina saat dihubungi Republika.co.id.

Baca Juga

Papa T Bob berharap musisi Indonesia tetap berkarya untuk anak-anak Indonesia melalui lagu. Karena, menurut Tina, lagu merupakan salah satu media yang dapat membantu anak untuk mengenal dan mempelajari banyak hal.

"Banyak yang dapat diserap anak-anak lebih cepat lewat lagu anak-anak," jelas Tina.

Tina mencontohkan, anak-anak bisa belajar dan memahami nilai-nilai keseharian melalui lagu. Misalnya, belajar dari lagu-lagu anak yang memuat pesan tentang budi pekerti hingga menghormati dan menghargai orang tua.

Penyanyi yang memiliki nama asli Agustina Hermanto ini mengatakan Papa T Bob sempat dirawat di rumah sakit. Kondisi Papa T Bob sempat membaik namun kemudian kembali menurun dan hari ini beliau mengembuskan napas terakhirnya.

"Pada saat sakit, terus juga pada saat pemulihan aku sempat WA (Whatsapp), sempat menanyakan kabar dan lain-lain," jelas Tina.

Penyanyi berusia 26 tahun tersebut mengatakan Papa T Bob masih menunjukkan semangatnya untuk bisa berkarya lagi. Beliau juga membagikan semangatnya kepada generasi muda untuk melestarikan lagu-agu anak.

"Apalagi khususnya untuk yang (kampanye) Save Lagu Anak, Selamatkan Lagu Anak, itu kan juga beliau sangat concern," tambah Tina.

Tina mengatakan, Save Lagu Anak merupakan sebuah kampanye untuk membangkitkan kembali lagu-lagu anak di Indonesia yang dulu sempat "tiarap". Single pertama untuk Save Lagu Anak diciptakan oleh Papa T Bob.

"Karena dari Selamatkan Lagu Anak juga akhirnya banyak anak-anak yang terstimulasi untuk bikin lagu anak," jelas Tina.

Tina berharap generasi muda saat ini bisa meneruskan semangat dan perjuangan Papa T Bob dalam melestarikan lagu anak di Indonesia. Tina juga menyampaikan rasa belasungkawanya terhadap keluarga Papa T Bob serta mendoakan kepergian Papa T Bob.

"Selamat jalan Om Papa T Bob, semoga tenang di sana, diterima di sisi-Nya dan untuk keluarga semuanya tabah, ikhlas. Dan kita teruskan perjuangan beliau untuk sama-sama melestarikan lagu anak lagi di Indonesia," ujar Tina.

Papa T Bob merupakan pencipta lagu yang banyak melahirkan lagu-lagu anak populer, seperti "Nyamuk Nakal" hingga "Anak Ajaib". Sepanjang kariernya, Papa T Bob telah menciptakan lebih dari 400 lagu anak dan dewasa. Pemilik nama asli Erwanda Lukas ini dikabarkan tutup usia karena diabetes dan gangguan fungsi paru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement