Sunday, 15 Zulhijjah 1442 / 25 July 2021

Sunday, 15 Zulhijjah 1442 / 25 July 2021

PDIP Dukung Keponakan Prabowo, Gerindra Belum Restui

Jumat 10 Jul 2020 15:27 WIB

Rep: Nawir Arsyad Akbar / Red: Mas Alamil Huda

Rahayu Saraswati

Rahayu Saraswati

Foto: istimewa
Dalam surat rekomendasi DPP PDIP, Rahayu akan ditunjuk sebagai calon wakil wali kota.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Gerindra hingga saat ini belum memutuskan terkait niat keponakan Prabowo Subianto, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo maju dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) Kota Tangerang Selatan. Meskipun, DPP PDIP telah mengeluarkan surat rekomendasi dukungan untuk Rahayu.

"Itu (Pilkada Tangsel) yang akan kita rapatkan dalam rapat koordinasi teknis pada akhir pekan ini," ujar Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (10/7).

Dalam surat rekomendasi DPP PDIP, Rahayu akan ditunjuk sebagai calon wakil wali kota, mendampingi Muhamad yang merupakan Sekretaris Daerah Tangsel. Dasco mengatakan, Gerindra belum pasti akan menerima tawaran tersebut.

"Tentu dengan perkembangan terkini sesuai dengan mekanisme yang ada di partai, kami juga akan rapat koordinasi teknis untuk melakukan, memutuskan secara cepat langkah yang akan diambil," ujar Dasco.

DPP Partai Gerindra juga akan menggelar rapat koordinasi teknis terkait pilkada pada pekan ini. Pihaknya akan segera mengeluarkan rekomendasi terhadap sosok yang akan diusung dan didukung partai berlambang kepala garuda itu.

"DPP Gerindra akan melakukan rapat koordinasi teknis tentang Pilkada Tangsel dan pilkada lainnya untuk segera mengambil langkah-langkah yang dianggap perlu," ujar Dasco.

Sebelumnya, DPP PDIP membenarkan bahwa pihaknya merekomendasikan politikus Partai Gerindra, sekaligus keponakan Prabowo Subianto, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) Kota Tangerang Selatan. Ia direkomendasikan menjadi calon wakil wali kota, dipasangkan dengan Muhamad, yang saat ini merupakan Sekretaris Daerah Kota Tangerang Selatan.

“Soal Tangsel, 100 persen surat itu betul. Keputusannya seperti itu, yaitu tidak usah ditanyain karena tentu banyak pertimbangan di dalam politik,” ujar Ketua Bidang Pemenangan Pemilu PDIP, Bambang Wuryanto di ruang Fraksi PDIP di DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (9/7).

Ia tak menjelaskan lebih detail terkait dukungan PDIP untuk Rahayu. Namun ia memastikan, bahwa DPP PDIP telah menyelesaikan rekomendasi Pilkada di 162 daerah.

“Belum masuk ke gubernur, karena gubernur ini masih banyak lobi-lobi yang harus diselesaikan. Kalau gubernur, PDIP agak belakangan sedikit lah,” ujar Bambang.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA