Jumat 10 Jul 2020 04:22 WIB

DKPP Belitung Latih Juru Sembelih Halal Sambut Idul Adha

Hingga saat ini sudah 100 juru sembelih hewan secara halal sudah mengikuti pelatihan.

DKPP Belitung Latih Juru Sembelih Halal Sambut Idul Adha. Ilustrasi Sembelih Sapi
Foto: Mgrol120
DKPP Belitung Latih Juru Sembelih Halal Sambut Idul Adha. Ilustrasi Sembelih Sapi

REPUBLIKA.CO.ID,BELITUNG -- Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Belitung, melatih keterampilan juru sembelih hewan qurban secara halal di daerah itu guna persiapan menyambut Idul Adha 1441 Hijriah.

"Jadi mereka kami latih dan kami bekali mengenai cara penyembelihan yang halal sehingga hewan terjaga kesehatan," kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPP Belitung Suparman di Tanjung Pandan, Kamis (9/7).

Dia mengatakan hingga saat ini 100 juru sembelih hewan secara halal sudah mengikuti pelatihan, baik berasal dari pengurus masjid atau panitia pemotongan hewan qurban Idul Adha 1441 Hijriah.

Pelatihan tersebut, kata dia, meliputi tata cara penyembelihan hewan yang halal menurut ajaran Islam, seperti cara merobohkan sapi dan kemudian menyembelihnya. "Jadi pelatihan ini akan kami lanjutkan kepada petugas juru sembelih halal lainnya," ujarnya.

 

Selain itu, katanya, petugas dari DKPP juga akan mendampingi proses penyembelihan hewan qurban pada Idul Adha mendatang. "Jadi sampai pemotongan akhir nanti kami dampingi ketika dipotong dan dibuka jeroannya apakah layak atau tidak nanti ada petugas yang menentukan," katanya.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement