Jumat 10 Jul 2020 04:33 WIB

Unjani Gelar Sumpah Janji Apoteker Secara Online dan Offline

Acara pengambilan sumpah tersebut merupakan hari yang penuh kebanggaan.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Hiru Muhammad
pengambilan sumpah apoteker Unjani secara online kombinasi offline
Foto: istimewa
pengambilan sumpah apoteker Unjani secara online kombinasi offline

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Sebanyak 201 orang lulusan Program Studi (Prodi) Profesi Apoteker Fakultas Farmasi angkatan XXVII Universitas Jenderal Achmad Yani (UNJANI) Cimahi, Jawa Barat, diambil Sumpah dan Janji Apoteker yang dilaksanakan di Aula gedung jenderal Mulyono, Jalan Terusan Jenderal Sudirman, Kota Cimahi, beberapa waktu lalu.

Pelaksanaan Sumpah dan Janji Apoteker lulusan Program Studi (Prodi) Profesi Apoteker Fakultas Farmasi digelar secara offline atau langsung dan online dengan menerapkan protokol kesehatan.

Menurut Dekan Farmasi Unjani, Afifah B Sutjiatmo, Ke-201 lulusan Prodi Profesi Apoteker tersebut sebelumnya telah menjalani Ujian Kompetensi Apoteker Indonesia (UKAI). Mereka terdiri dari 158 orang perempuan dan 43 laki-laki yang berasal dari 22 provinsi yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Riau, Jambi, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Papua, dan Papua Barat.

Afifah mengatakan, dari 201 mahasiswa yang lulus Ujian Kompetensi Apoteker Indonesia (UKAI), terdapat 34 orang lulusan dengan predikat 'Pujian'. Sementara dua orang mahasiswa menyandang predikat IPK tertinggi 3,96 yang diraih oleh Mierta Ayu Savitri (Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur) dan Firnanda Raafi'ulia Azhar (Kota Blitar, Jawa Timur)."Apoteker yang diambil sumpahnya, telah melalui UKAI dengan tingkat kelulusan tepat waktu sebesar 94,811 persen," ujar Afifah, Kamis (9/7).

Menurutnya, Hasil ini merupakan hasil yang sangat baik dan membanggakan, dan diharapkan para lulusan akan terus meningkatkan pengetahuan mereka. Pengambilan Sumpah Janji dan Janji Apoteker Prodi Profesi Apoteker UNJANI dihadiri langsung Rektor UNJANI, Prof. Hikmahanto Juwana, Ph.D bersama jajaran Rektorat UNJANI.

"Saya dan segenap sivitas akademika UNJANI menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada para apoteker-apoteker baru," kata Rektor UNJANI Hikmahanto Juwana.

Menurut Hikmahanto, bagi UNJANI, khususnya keluarga besar Fakultas Farmasi, acara pengambilan sumpah tersebut merupakan hari yang penuh kebanggaan. Karena, UNJANI kembali dapat mempersembahkan apoteker-apoteker muda terbaiknya untuk mengabdi di tengah masyarakat. "Tentu kami berharap para apoteker baru mampu senantiasa menjaga citra baik UNJANI," katanya.

Kepada para lulusan Hikmahanto pun, mengingatkan pentingnya menjaga nama baik UNJANI. Sebab, nama baik UNJANI dan reputasi para apoteker baru lulusan UNJANI, bagaikan dua sisi pada sebuah uang logam yang tidak mungkin dipisahkan."Menyadari pentingnya hal tersebut, kami senantiasa berkomitmen untuk menyelenggarakan prosedur pendidikan yang berintegritas," katanya. 

Menurutnya, Unjani bertekad untuk semakin meneguhkan Fakultas Farmasi sebagai lembaga pendidikan tinggi yang tidak hanya melahirkan apoteker yang profesional, juga berkarakter. Hal tersebut menjadi sangat penting, semata-mata untuk menjadikan Fakultas Farmasi UNJANI, sebagai unggulan tidak hanya di Jawa Barat, namun juga tingkat 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement