Kamis 09 Jul 2020 20:58 WIB

Bertambah Satu Kasus Positif Covid-19 di Lampung

Satu pasien positif Covid-19 bukan berasal dari tracing atau orang tanpa gejala

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Lampung dr Reihana saat memberikan keterangan pers di Bandar Lampung, Ahad (17/4).
Foto: Gambar Tangkapan Video
Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Lampung dr Reihana saat memberikan keterangan pers di Bandar Lampung, Ahad (17/4).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Bertambah 1 kasus, pasien positif Covid-19 dan juga bertambah 1 pasien sembuh di Provinsi Lampung pada Kamis (9/7). Pasien positif Covid-19 tambahan tersebut adalah pasien baru, bukan dari pasien tracing atau orang tanpa gejala (OTG).

“Hari ini ada penambahan satu pasien terkonfirmasi positif Covid-19 menjadi 203 orang pasien. Ini pasien baru bukan hasil tracing atau OTG,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung Reihana kepada wartawan di Bandar Lampung, Kamis (9/7).

Dia mengatakan pasien positif baru tersebut berusia 56 tahun berasal dari Kota Bandar Lampung dengan nomor pasien 203. Saat ini, kata dia, pasien tersebut dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah RSUD Abdul Moeloek Bandar Lampung.

Reihana, yang juga kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung mengatakan, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) 3.683 orang, orang selesai dipantau selama 14 hari 3.591 orang, masih dipantau 82 orang, dan ODP meninggal dunia 10 orang.

Sedangkan jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) 183 orang, sudah sembuh dan pulang 146 orang, masih dirawat dan diisolasi di rumah sakit rujukan 5 orang, dan PDP meninggal dunia 32 orang.

Dia mengatakan, jumlah pasien positif Covid-19 di Lampung sebanyak 203 orang, 31 masih dirawat dan diisolasi di berbagai rumah sakit rujukan, meninggal dunia 12 orang, dan pasien positif yang sembuh bertambah satu orang menjadi 160 orang.

Pasien positif Covid-19 yang sembuh yakni pasien 184 laki-laki berusia 26 tahun asal Kabupaten Pringsewu. Saat ini, Laboratorium Kesehatan Daerah Provinsi Lampung, RSUD Abdul Moeloek, RSUD Pringsewu, dan RSUD A Yani, serta RSUD Menggala, secara tottal telah memeriksa sebanyak 2.826 sampel swab.

Dia mengatakan, dari 2.826 sampel swab, jumlah pasien positif sebanyak 193 sampel swab. Sedangkan pemeriksaan pada Rabu (8/7), sebanyak 53 sampel swab, dan hasil yang positif hanya satu orang.

Berdasarkan data yang disampaikan Dinkes Provinsi Lampung, Kamis (9/7), jumlah pasien positif sebanyak 203 orang, sedangkan pasien positif yang sembuh 160 orang, dan meninggal dunia 12 orang, dan masih dirawat 31 orang. Maka tingkat penanganan kasus pandemi Covid-19 oleh Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Lampung sejak 18 Maret hingga 9 Juli 2020 mengalami peningkatan sebesar 78 persen.

Menurut Reihana, ada peningkatan penanganan kasus Covid-19 di Lampung, hal ini terlihat dari angka kesembuhan pasien positif saat mencapai 78 persen. Untuk itu, ia tetap berharap kepada masyarakat untuk tetap menjadi protokol kesehatan sebagai gaya hidup dan juga harga mati.

“Tetap memakai masker, cuci tangan dengan sabun di air mengalir, jaga jarak bersosial, menghindari kerumunan, dan juga berperilaku hidup sehat,” katanya.

Saat ini, dia mengatakan Provinsi Lampung belum menerapkan //new normal// atau tatanan kehidupan baru di berbagai sektor. Namun, untuk menuju hal tersebut, tim telah melakukan tahap sosialisasi di masyarakat, agar tidak terjadi penolakan dan keterkejutan dengan standar operasional prosedur atau SOP //new normal// yang akan diterapkan. n 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement