Kamis 09 Jul 2020 20:05 WIB

Bayi Sembilan Bulan Positif Covid-19 di Kediri

Bayi diduga tertular Covid-19 dari sang ayah yang baru datang dari Malaysia.

Seorang bayi berusia sembilan bulan dengan jenis kelamin perempuan di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, dinyatakan positif terinfeksi virus Covid-19 (Foto: ilustrasi bayi)
Foto: Pexels
Seorang bayi berusia sembilan bulan dengan jenis kelamin perempuan di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, dinyatakan positif terinfeksi virus Covid-19 (Foto: ilustrasi bayi)

REPUBLIKA.CO.ID, KEDIRI -- Seorang bayi berusia sembilan bulan dengan jenis kelamin perempuan di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, dinyatakan positif terinfeksi virus Covid-19. Saat ini, bayi tersebut menjalani isolasi mandiri di rumah dan dapat pengawasan tim medis.

"Ini riwayatnya dari bapaknya (bapak dari bayi) yang baru datang dari Malaysia satu bulan lalu. Lalu mau pergi ke luar pulau, jadi orangtua melakukan rapid test dan dinyatakan bapak dan bayi reaktif," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Kediri, dr Ahmad Chotib di Kediri, Kamis (9/7).

Baca Juga

Ia menambahkan, petugas medis juga melakukan rapid test pada ibu bayi, namun nonreaktif. Untuk bapak dan bayi tersebut diteruskan dengan tes swab, dan hasilnya bapak dinyatakan negatif, sedangkan si bayi dinyatakan positif corona.

Ia memang menduga bayi tersebut tertular dari bapak si bayi. Dari hasil tracing yang telah dilakukan, di rumah tersebut tinggal bertiga yakni bapak, ibu dan bayi. Sedangkan untuk tetangga sekitar juga tidak ada temuan kasus COVID-19.

"Kemungkinan dari bapaknya, karena baru datang dari Malaysia. Jadi, kan bayi tidak bisa kemana-mana, pastinya orangtuanya. Ada riwayat dari Malaysia. Kondisi si bayi saat ini juga baik, dan tetap dalam pengawasan dari gugus tugas dan pihak desa," kata dia.

Ia mengakui, kasus tersebut merupakan pasien dengan usia termuda di Kabupaten Kediri. Karena tidak ada gejala, bayi itu juga masih dalam perawatan orangtua dengan didampingi gugus tugas, tim medis dan perangkat desa.

Ia mengakui, temuan jumlah kasus positif corona di Kabupaten Kediri cukup tinggi. Namun, yang dirawat di rumah sakit adalah mereka yang mengalami gejala berat, sehingga mendapatkan perawatan medis.

Di Kabupaten Kediri, data per Rabu (8/7), untuk kasus yang dinyatakan positif ada 261, dimana 175 masih dirawat, 70 sudah dinyatakan sembuh, dan 16 lainnya meninggal dunia. Jumlah orang tanpa gejala (OTG) ada 156 orang, orang dalam pemantauan (ODP) ada 175 orang, dan jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) ada 77 orang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement