Kamis 09 Jul 2020 18:35 WIB

Soal Rumor Khabib Bakal Pensiun, Ini Komentar Pelatih

Mendez menegaskan bakal mendukung semua keputusan yang akan diambil Khabib.

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar
Khabib Nurmagomedov keluarkan daftar GOATS pilihannya.
Foto: youtube/CBS Sports HQ
Khabib Nurmagomedov keluarkan daftar GOATS pilihannya.

REPUBLIKA.CO.ID, SAN JOSE -- Salah satu pelatih utama dalam tim pelatih Khabib Nurmagomedov, Javier Mendez, menegaskan, akan mendukung semua keputusan petarung asal Dagestan, Rusia, tersebut, terkait kelanjutan kiprahnya di pentas Mixed Martial Arts (MMA). Sebelumnya, Khabib dikabarkan mulai mempertimbangkan untuk pensiun dan mundur dari arena MMA.

Khabib sukses mengalahkan Dustin Poirier pada ronde ketiga di gelaran UFC 242, awal September 2019 silam. Di duel yang digelar di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, tersebut, petarung berjuluk The Eagle itu berhasil sabuk juara kelas ringan UFC. Namun, itu menjadi duel terakhir yang dilakoni oleh Khabib.

Petarung berusia 31 tahun itu tidak pernah lagi kembali ke arena Oktagon. Rencana duel penyatuan gelar juara kelas ringan UFC, antara Khabib dan Justin Gaethje, pun sempat mengemuka.

Namun, hingga kini, pertarungan yang rencananya digelar pada akhir tahun ini belum mendapatkan kepastian dan titik terang dari penyenggara UFC.

Alhasil, rumor soal pensiunnya Khabib akhirnya muncul. Terlebih, pada pekan lalu, Khabib kehilangan ayah sekaligus pelatihnya, Abdulmanap Nurmagomedov. Abdulmanap meninggal dunia pada Jumat (3/7) waktu setempat akibat penyakit komplikasi, ditambah adanya virus Covid-19 yang menjangkitinya.

Menanggapi rumor mundurnya Khabib, Mendez pun menegaskan bakal mendukung semua keputusan yang akan diambil Khabib.

''Saya bisa katakan, saya akan mendukung apa yang akan dia lakukan. Saat ini, dia tengah membutuhkan dukungan, apapun bentuknya, dari saya."

"Karena itu, apabila dia ingin bertarung, saya akan bersama. Pun apabla dia ingin pensiun, saya akan tetap berada di belakangnya,'' kata Mendez seperti dilansir Lowkickmma, Kamis (9/7).

Pendiri kamp latihan American Kickboxing Academy itu mengaku, hingga saat ini belum melakukan pembicaran langsung dengan Khabib, terutama selepas Abdulamanap meninggal dunia.

''Sulit untuk berspekulasi keputusan apa yang akan dia ambil. Namun, saat ini dia membutuhkan waktu karena tengah berduka. Setelah itu, mungkin dia baru bisa memutuskan,'' tutur Mendez.

Khabib bergabung bersama American Kickboxing Academy pada 2012. Sejak saat itu, Khabib dilatih langsung oleh Mendez, yang merupakan mantan juara Kickboxing. Selain itu, Abdulmanap juga ikut melatih Khabib dan terlibat dalam perumusan program-program latihan juara kelas ringan UFC tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement