Kamis 09 Jul 2020 16:20 WIB

Pasar Mulai Membaik, Penjualan Mobil Ini Naik 93 Persen

Akhirnya ada tren yang positif untuk pertama kalinya dalam tiga bulan terakhir.

Rep: Vina Anggita (swa.co.id)/ Red: Vina Anggita (swa.co.id)
.
.

Pasar otomotif di Indonesia mulai menunjukkan tren yang positif untuk pertama kalinya dalam tiga bulan terakhir. Sepanjang Juni 2020, PT Honda Prospect Motor (HPM) mencatat penjualan sebanyak 2.488 unit di Indonesia atau meningkat 93% dibandingkan penjualan pada bulan sebelumnya.

Kontribusi terbesar penjualan di bulan Juni berasal dari Honda Brio sebanyak 1.314 unit, yang sekaligus memberikan kontribusi hingga 52% dari total penjualan seluruh model Honda. Selain itu, Honda HR-V terjual sebanyak 343 unit, Honda Jazz sebesar 293 unit, Honda CR-V sebanyak 192 unit dan Honda Mobilio sebesar 164 unit.

Sementara itu, Honda BR-V terjual 66 unit dan Honda Civic Hatchback sebanyak 52 unit. Honda Civic Sedan mencatat penjualan sebanyak 26 unit disusul Honda Accord sebanyak 20 unit, Honda City sebanyak 14 unit, dan Honda Odyssey sebanyak 4 unit.

Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, pencapaian penjualan di bulan Juni ini didorong oleh mulai meningkatnya aktivitas masyarakat di sebagian besar wilayah Indonesia dan juga indikator makro ekonomi yang relatif positif saat ini.

Kontribusi yang besar juga, kata dia, datang dari pembeli mobil pertama di segmen LCGC, yang didukung oleh lembaga pembiayaan yang saat ini sudah lebih meringankan pembelian dengan kredit.

"Meskipun kondisi saat ini masih belum sepenuhnya stabil, kami optimistis pencapaian di bulan Juni akan menjadi awal yang baik untuk mulainya pemulihan pasar otomotif di Indonesia," ujarnya dalam keterangan resmi yang dikutip SWA, Kamis (09/07/2020).

Menurut Yusak, pihaknya juga terus berusaha memberikan kemudahan dan keringanan kepada konsumen yang ingin melakukan pembelian mobil, khususnya melalui program penjualan online. Hingga Juni lalu, tercatat lebih dari 50% dari total pembelian mobil Honda datang melalui jalur online.

"Tak hanya itu, kami juga baru-baru ini meluncurkan kampanye #HondaHopefuel yang merupakan upaya untuk menumbuhkan harapan dan tetap mendukung mobilitas sehari-hari para konsumen, melalui berbagai inovasi layanan yang disiapkan Honda untuk era baru saat ini," tambahnya.

Berbagai layanan tersebut, meliputi Home Service untuk perawatan mobil ringan hingga perawatan berkala, Pickup Service untuk perawatan berkala dan perbaikan yang memerlukan peralatan khusus, Honda Experience untuk membantu konsumen saat berada dalam keadaan darurat selama 24 jam.

"Kami juga memberikan kemudahan pembelian mobil secara online melalui website resmi Honda maupun virtual official store di berbagai situs e-commerce," tuturnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan swa.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab swa.co.id.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement