Kamis 09 Jul 2020 15:24 WIB

Antisipasi Era Baru dengan Strategi Rotasi Waktu Kerja

Ini saat yang tepat untuk memaksimalkan teknologi dan berpikir lebih terbuka

Aplikasi dari GreatDay HR membantu mengatur shifting kerja di era new normal.
Foto: Great Day HR
Aplikasi dari GreatDay HR membantu mengatur shifting kerja di era new normal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan jika new normal merupakan salah satu skema yang diharapkan dapat memperbaiki kondisi ekonomi yang masih tertekan akibat pandemi Covid-19, namun di sisi yang lain masyarakat tetap dapat produktif sekaligus aman.

Sehingga untuk menempuh hal ini diberlakukan beberapa protokol kesehatan di tengah masyarakat, serta bagi perusahaan yang tetap ingin menjalankan bisnisnya. Salah satunya dengan melakukan strategi bisnis terbaru yaitu shifting atau rotasi kerja.

Baca Juga

Dalam konsepnya shifting merupakan sebuah perubahan pada proses, model, dan juga strategi bisnis. Hal ini sendiri sudah diberlakukan oleh banyak perusahaan di ibukota maupun daerah demi menjaga berjalannya roda perekonomian bisnis mereka.

“Memang menghadapi hal yang baru bukanlah perkara mudah perlu adaptasi, dan antisipasi. Tapi jangan menyerah dengan keadaan, karena saat ini kita hidup di era modern yang bisa memberikan solusi di situasi yang kurang menyenangkan ini,” ujar Gordon Enns, selaku Founder GreatDay HR, dalam siaran pers, Kamis (9/7).

Saat ini juga merupakan saat yang tepat untuk kita memaksimalkan teknologi yang ada, dan berpikir lebih terbuka. Karena kita harus bisa mengikuti perubahan agar bisa bertahan tandasnya lagi.

Namun memang lagi-lagi ini bukanlah perkara mudah, sehingga setiap pengusaha atau bagian HR dalam sebuah perusahaan perlu melakukan banyak pertimbangan sebelum mengambil keputusan terkait shifting. Karena dalam pihak ini perusahaan juga harus memperhatikan kesejahteraan karyawannya.

Terkait dengan new normal ini sendiri GreatDay HR hadir untuk membuat setiap usaha di industri apapun bisa merasa tenang karena perusahaan dapat melakukan perencanaan, pendelagasian tugas, hingga memonitor jadwal kerja hanya mengandalkan fitur yang tersedia pada aplikasi human resources (HR).

Karena harus diakui saat melakukan kebijakan terbaru ini akan ada beberapa kendala yang ditemui, misalnya saja adanya jam kerja shift yang bentrok. Masalah ini terjadi akibat penjadwalan manual, atau bahkan adanya satu karyawan yang memiliki dua pekerjaan sekaligus atau harus bekerja dalam dua lokasi yang berbeda.

Selain itu saat perusahaan memberlakukan kerja bergilir, tentunya akan membatasi ruang gerak para karyawan, terutama bagaimana mereka mendapatkan hari libur bagi pekerja yang mendapatkan shift malam saat rotasi shift. Umumnya para pekerja yang mendapatkan jatah malam hanya mendapatkan libur satu hari seperti pekerja lainnya, padahal ada baiknya jika perusahaan memberikan kebijakan terkait kondisi tersebut, agar pekerja tidak merasa di eksploitasi.

Tak hanya itu rotasi kerja juga sering kali menimbulkan kendala tersendiri karena adanya kemauan dan kebutuhan karyawan yang juga perlu diutamakan. Sehingga menanggapi hal ini tentunya sebagai atasan harus melakukan adanya penentuan jam kerja, agar penentuan jadwal dilakukan berdasarkan pertimbangan yang tepat dan bukan hanya keinginan semata.

Belum lagi jika perusahaan terkadang tanpa disadari menempatkan banyak karyawan pada jam kerja yang sama, dan pada waktu yang kurang tepat. Sehingga perlu disadari kalau perusahaan telah melakukan kesalahan, atau bahkan menambah biaya karyawan dan mengurangi efektifitas. Maka dari itu cobalah untuk memahami jam produksi perusahaan.

Semua masalah-masalah yang sudah disebutkan di atas bisa saja terjadi karena perusahaan masih menggunakan cara manual. Memang tidak ada salahnya untuk memilih cara ini, namun harus disadari kalau penjadwalan dengan sistem manual akan menyita banyak waktu dan memecah fokus para bagian HR yang dimana juga memiliki pekerjaan lainnya yang harus diselesaikan pada hari tersebut. Belum lagi jika jumlah karyawan yang dimiliki sangat besar.

Untuk itu menyadari akan kesulitan yang dihadapi perusahaan saat ini, GreatDay HR menawarkan solusi yang memberikan fleksibilitas bagi tim sumber daya manusia, serta penggunanya. Bayangkan saja hanya dengan satu aplikasi baik pengaturan shift kerja, performance kerja, bahkan hingga penghitungan nominal uang yang harus diberikan sudah tercantum jelas pada fitur ini.

Melalui teknologi yang dimiliki GreatDay HR, perusahaan dengan berskala kecil, menengah atau besar dapat memastikan kalau, baik karyawan yang bekerja dari rumah, dari kantor, berada di lokasi yang berbeda atau bahkan perbedaan jam kerja sekalipun tidak akan menjadi penghambat untuk bekerja secara produktif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement