Kamis 09 Jul 2020 08:53 WIB

Polusi Cahaya Ganggu Tidur Berdampak pada Kesehatan Mental

Cahaya buatan membuat tidur terganggu dan berdampak pada kesehatan mental remaja.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Tidur (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Tidur (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Studi baru menemukan remaja yang tinggal di daerah dengan tingkat cahaya buatan luar pada malam hari mengalami kurang tidur. Mereka juga lebih cenderung memiliki gangguan mood daripada remaja yang hidup dengan tingkat cahaya luar ruangan yang rendah.

Penelitian telah lama mempelajari hubungan antara cahaya buatan dalam ruangan dan kesehatan mental. Tetapi beberapa penelitian telah melihat dampak cahaya buatan luar, terutama pada remaja.

Baca Juga

Studi ini merupakan penelitian pertama mengenai aspek cahaya buatan luar dan pengaruhnya pada tidur, dengan potensi implikasi jangka panjang untuk kesehatan mental dan fisik. Studi ini diterbitkan Rabu (8/7) di jurnal JAMA Psychiatry.

"Meskipun paparan cahaya lingkungan hanya satu faktor dalam jaringan pengaruh yang lebih kompleks pada tidur dan perilaku, itu cenderung menjadi target penting untuk pencegahan dan intervensi dalam kesehatan remaja," kata rekan penulis Kathleen Merikangas, peneliti senior dan kepala dari Cabang Penelitian Epidemiologi Genetik di Institut Nasional Kesehatan Mental, dilansir di CNN, Kamis (9/7).

Ketika 24 jam internal tubuh kita, yang disebut ritme sirkadian kita terganggu oleh perubahan pola tidur atau gangguan tidur, itu berdampak pada kesehatan fisik dan mental kita.

Ilmu pengetahuan telah menghubungkan tidur dengan tekanan darah tinggi, sistem kekebalan yang melemah, penambahan berat badan, kurangnya libido dan risiko diabetes, stroke, penyakit kardiovaskular, demensia dan beberapa jenis kanker yang lebih tinggi. Gangguan tidur dan ritme sirkadian juga terkait dengan gangguan mental tertentu, termasuk gangguan bipolar, perubahan suasana hati, paranoia, dan kecemasan.

Sekresi hormon tidur melatonin dimulai pada saat gelap. Penelitian telah menemukan bahwa tubuh akan memperlambat atau menghentikan produksi melatonin jika terkena cahaya.

Meskipun praremaja dan remaja membutuhkan lebih dari sembilan jam tidur malam, mereka umumnya tidak mendapatkan istirahat yang cukup. Sebagian karena godaan teknologi media sosial dan smartphone saat ini dan kebiasaan terlambat tidur.

Menurut jajak pendapat Sleep in America, lebih dari 90 persen siswa sekolah menengah di Amerika Serikat secara kronis kurang tidur, dengan 20 persen mendapatkan kurang dari lima jam semalam,

Menurut sebuah studi dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), kurang tidur membuat para remaja terlibat dalam perilaku yang lebih berisiko. Misalnya mabuk  mengirim pesan teks saat mengemudi atau tidak memakai sabuk pengaman atau helm, dibandingkan dengan mereka yang mendapatkan setidaknya sembilan jam tidur.

Studi baru ini mengumpulkan data tentang masalah kesehatan mental dan pola tidur dari lebih dari 10 ribu remaja yang berpartisipasi dalam studi pemerintah pertama yang dirancang untuk menangkap perkiraan perwakilan nasional dari jenis dan prevalensi gangguan mental pada remaja Amerika.

Studi ini menganalisis data remaja antara usia 13 dan 18 yang dicatat antara tahun 2001 dan 2004. Remaja mengisi kuesioner tidur dan kesehatan mental.

Tidak hanya remaja di kota-kota dengan tingkat cahaya buatan luar yang lebih tinggi membuat mereka menjadi kurang tidur, mereka juga lebih cenderung memiliki gangguan mood atau kecemasan. Penelitian menemukan, secara khusus, remaja yang terpapar dengan tingkat cahaya yang lebih tinggi lebih mungkin didiagnosis dengan gangguan bipolar atau fobia tertentu.

Ada juga perbedaan rasial dan sosial-ekonomi. Tingkat cahaya buatan malam hari bervariasi menurut faktor-faktor seperti kepadatan populasi dan status sosial ekonomi. Remaja dari imigran atau ras atau kelompok etnis minoritas yang tinggal di keluarga berpenghasilan rendah lebih cenderung tinggal di daerah dengan tingkat cahaya luar yang tinggi di malam hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement