Kamis 09 Jul 2020 01:10 WIB

Sal Priadi Kenalkan 'Irama Laot Teduh'

'Irama Laot Teduh' oleh Sal Priadi tak mirip dengan lagu-lagu di album Berhati.

Rep: Farah Noerstiva/ Red: Reiny Dwinanda
Tangkapan layar penyanyi Sal Priadi dalam konferensi pers virtual peluncuran lagu baru Irama Laot Teduh, Rabu (8/7)
Foto: Republika/Farah Noersativa
Tangkapan layar penyanyi Sal Priadi dalam konferensi pers virtual peluncuran lagu baru Irama Laot Teduh, Rabu (8/7)

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA --  Penyanyi asal Malang, Jawa Timur, Sal Priadi akan merilis sebuah lagu baru yang bertajuk "Irama Laot Teduh" pada Kamis (9/7) esok, pukul 09.21 WIB. Dalam konferensi pers yang diadakan virtual pada Rabu Rabu (8/7), Sal menceritakan asal mula inspirasi lagu ini.

Lagu itu, menurut Sal, terinspirasi dari sebuah keluarga temannya. “Suatu hari, saya berkunjung ke rumah salah satu teman, waktu itu ada acara main musik, makan-makan, lalu mendengarkan koleksi piringan hitam. Nah keluarga teman ini memang suka bikin acara-acara seperti itu,” jelas Sal.

Baca Juga

Suami dan istri pada keluarga ini memiliki anak bernama “Irama Lautan Teduh”. Mendengar namanya, Sal terkagum-kagum. Sebab dia merasa, keluarga tersebut memiliki kehangatan tersendiri yang muncul di tengah-tengah keluarga mereka yang terwujud pada kegiatan-kegiatan mereka dan mereka juga memiliki anak yang dinamai sangat indah.

"Akhirnya, saya bilang ke diri saya sendiri, kelak kalau misalnya saya sudah menikah, saya akan membuat lagu yang judulnya terinspirasi dari nama si anak ini," ungkap Sal.

Kata laut pada judul lagu barunya itu pun menggunakan kata laot seperti bahasa melayu. Sal menyebut, hal itu terinspirasi saat dia tengah jalan-jalan ke monumen-monumen di Aceh, saat dia memiliki kesempatan untuk manggung di sana.

"Di perjalanan kami, saya melihat ada suatu tulisan "panglima laot" di rumah warga. Saya lupa pastinya tulisan itu difungsikan untuk apa," kata dia.

Ketika dia membuat lagu ini, menurut Sal, suasana lagu dan pemilihan nada-nada yang ada pada lagu ini seakan lebih kuat jika dia memasangkan kata "laot" daripada "laut". Oleh karenanya, dia pun memilih untuk menggunakan kata "laot" pada judul lagu ini.

Sal mengatakan, saat dalam proses membuat lagu ini, dia sempat meminta izin kepada keluarga temannya itu untuk menggunakan nama anaknya sebagai judul lagu. Sal juga menjelaskan kepada mereka tentang lagu yang berisikan tentang kesan hangat yang diciptakan dari mereka.

"Pada akhirnya, mereka juga senang dengan lagu ini. Mereka pun menunggu-nunggu kapan lagu ini keluar dan bagaimana hasilnya," kata Sal.

Menurut Sal, keluarga temannya itu juga penasaran, mengingat Sal identik dengan karya-karya yang gelap. Namun, Sal menyebut lagu ini tak seperti lagu-lagu dia yang ada pada album Berhati.

Dalam pembuatan lagu ini, Sal mengajak produser musik Ari Renaldi dan vocal director Kamga Mohammed. Lagu ini akan menjadi lagu pertama seri album Kumpulan Lagu Cinta oleh Sal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement