Rabu 08 Jul 2020 20:13 WIB

Jika Sancho Datang, Greenwood Aman di MU

perekrutan Sancho oleh MU dianggap bakal ganggu perkembangan permainan Greenwood

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar
Jadon Sancho
Foto: EPA-EFE
Jadon Sancho

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester United (MU) dikabarkan menjadi klub terdepan dalam upaya perekrutan winger Borussia Dortmund, Jadon Sancho.

Kendati begitu, dengan performa impresif yang ditampilkan Mason Greenwood dalam tiga laga terakhir, perekrutan Sancho oleh MU justru dianggap bakal mengganggu perkembangan permainan Greenwood.

Sejak dipercaya tampil secara reguler oleh pelatih Ole Gunnar Solskjaer sejak bergulirnya Liga Inggris musim ini pascapandemi Covid-19, Greenwood memang mampu tampil begitu apik.

Winger berusia 18 tahun itu mencetak tiga gol dan satu asisst dalam dua laga terakhir United. Terakhir, Greenwood memborong dua gol saat MU mencukur Bournemouth, 5-1, akhir pekan lalu.

Secara keseluruhan, Greenwood telah mencetak 17 gol dan menyumbang lima assist dari 43 penampilan di semua ajang pada musim ini, termasuk delapan gol dari 28 penampilan di pentas Liga Inggris.

Ditempatkan sebagai winger kanan, Greenwood mulai bisa tampil padu dengan Anthony Martial dan Marcus Rashford dalam trio lini serang MU.

Namun, apabila nantinya Sancho berhasil merekrut Dortmund, maka kehadiran winger asal Inggris itu dinilai bisa mengganggu perkembangan permainan Greenwood. Pasalnya, baik Sancho dan Greenwood sama-sama berposisi asli sebagai winger kanan.

Namun, menurut salah satu jurnalis sepak bola kenamaan Inggris, Duncan Castles, kehadiran Sancho tidak akan menghambat perkembangan Greenwood. Menurutnya, Greenwood memiliki kemampuan yang cukup mumpuni untuk ditepatkan sebagai ujung tombak serangan atau penyerang tengah.

Fleksibilitas posisi bermain, ditambah usianya yang masih muda, membuat jebolan akademi sepak bola MU itu memiliki kesempatan untuk berkembang lebih jauh, meskipun United nantinya bisa mendapatkan tanda tangan Sancho.

''Sejak kompetisi kembali bergulir, dia tampil apik sebagai winger kanan. Tentu ada keinginan untuk mempertahankanya di posisi itu. Namun, untuk jangka panjang, dia bisa diplot sebagai penyerang tengah."

"Jadi, saya tidak melihat kehadiran Sancho akan menghambar pertumbuhan dan kemampuan Greenwood untuk tampil di tim utama United,'' kata Castles seperti dilansir Express, Rabu (8/7).

Secara khusus, Castles menilai, Greenwood memiliki keunggulan berupa dua kaki yang sama-sama kuat. Tidak adanya prefered foot membuat pergerakannya sulit dibaca lawan.

Pun dengan ketajaman Greenwood dalam memaksimalkan peluang lawan. Namun, Castles juga mewanti-wanti Solskjaer untuk tidak terlalu membebani Greenwood untuk terus tampil maksimal di setiap laga.

''Sebaiknya, agar kariernya bisa bertahan lama, MU mengekspos Greenwood secara berlebihan."

"Jika Anda memberikan ekpektasi yang tinggi pada pemain muda seperti dia, maka akan berpengaruh pada dinamika permainan dan kondisi psikologisnya. Karena itu, di sisi lain, kehadiran Sancho juga bisa menambah opsi di lini serang United,'' tutur salah satu kolumnis di The Times tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement