Rabu 08 Jul 2020 17:49 WIB

Youtuber Bagikan Cara Mudah Memotong Poni Sendiri

Sepasang gunting perak bisa menjadi pilihan tepat.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Potong poni sendiri di rumah (ilustrasi).
Foto: freepik.com
Potong poni sendiri di rumah (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam beberapa bulan terakhir, perawatan rambut sendiri atau do it yourself (DIY) menjadi sangat populer. Tren potong rambut atau poni sendiri telah diikuti banyak figur publik maupun kreator konten.

Seyogianya, seseorang butuh keterampilan dan upaya untuk menggunting poni. Namun penata rambut dan Youtuber, Brad Mondo, membagikan tips dan trik yang bisa dicoba di rumah apabila Anda ingin menggunting sendiri seperti dilansir di laman Insider, Rabu (8/6), Rabu (8/7):

1. Gunakan alat yang tepat

Pastikan Anda menggunakan alat yang tepat sebelum memotong poni sendiri. Secara khusus, Mondo merekomendasikan sisir sederhana dan gunting pemotong. Kebanyakan orang tidak memiliki alat penata rambut profesional di rumah.

 

"Biasanya saya akan mengatakan, cobalah untuk menemukan sepasang, Anda tahu gunting," kata dia.

Sepasang gunting perak bisa menjadi pilihan tepat. Gunting jenis ini sangat tipis dan tajam. Gunting tersebut cocok unruk memotong rambut dengan sangat baik, namun dapat meninggalkan tepian yang sangat tumpul tanpa merobeknya sama sekali.

2. Pisahkan rambut

Mondo merekomendasikan untuk membelah rambut di bagian tengah. Buat dua bagian miring di atas dahi, yang nantinya akan berfungsi sebagai poni. Sisa rambut harus diikat menjadi kuncir kuda untuk menjauhkannya dari wajah.

Menurut Mondo, memotong rambut bisa cukup sulit karena banyak orang tidak tahu cara menggunakan sisir dengan benar. Hal itu normal, jangan terlalu khawatir pada teknik. Potong saja poni yang sudah diikat.

3. Menata poni

Celupkan sisir ke dalam air. Setelah basah, gunakan sikat dan pengering rambut untuk memberikan bentuk dan volume poni. Jika ada bagian yang terlalu panjang, Anda dapat memotongnya untuk melengkapi tampilan baru Anda.

Saat pertama kali mencoba, kemungkinan Anda akan merasa ada yang kurang. Namun apabila banyak latihan, ke depannya Anda akan dapat memotong poni lebih baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement