Rabu 08 Jul 2020 13:07 WIB

Tahun Ini Pemerintah Selesaikan Seleksi CPNS 2019

Penerimaan CPNS tahun 2020 ditiadakan.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Andi Nur Aminah
Peserta mengikuti Seleksi CPNS (ilustrasi)
Foto: Antara/Muhammad Bagus Khoirunas
Peserta mengikuti Seleksi CPNS (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) belum akan membuat rekrutmen baru calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2020. Pemerintah pada tahun ini akan fokus menyelesaikan penerimaan CPNS formasi 2019. "Penerimaan CPNS tahun 2020 akan kami tiadakan," kata Tjahjo, dalam keterangan resminya, Rabu (8/7).

Proses seleksi CPNS formasi 2019 sempat tertunda karena pandemi Covid-19. Menpan-RB, Tjahjo Kumolo mengatakan proses rekrutmen, khususnya seleksi kompetensi bidang (SKB) akan dilakukan sekitar bulan September-Oktober.  "SKB akan dilanjutkan bulan September-Oktober 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan. Kementerian PAN-RB dan BKN terus melakukan koordinasi dengan BNPB dan Kementerian Kesehatan untuk memastikan agar pelaksanaan SKB benar-benar memenuhi standar protokol kesehatan," kata Tjahjo menambahkan.

Baca Juga

Ia menegaskan, proses seleksi aparatur sipil negara (ASN) untuk tahun 2021 akan dilaksanakan. Saat ini, terkait seleksi tahun 2021 sedang dilakukan proses pengajuan serta verifikasi dan validasi usulan masing-masing instansi pemerintah.

Menurut Tjahjo, proses ini akan mempertimbangkan kebutuhan untuk pembangunan nasional dan daerah. Selain itu, pemerintah juga akan mempertimbangkan hasil evaluasi pandemi Covid-19 di tiap daerah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement