Rabu 08 Jul 2020 11:54 WIB

Kapal Tol Laut Pelni Bisa Angkut Produk UMKM

Pelaku UMKM dapat memanfaatkan kontainer milik Pelni.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
Kapa tol laut. ilustrasi
Foto: Foto: Humas Ditjen Hubla
Kapa tol laut. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni siap mendukung pemerintah dalam memajukan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut Pelni Masrul Khalimi mengatakan kapal tol laut dapat mengangkut barang kebutuhan pokok, barang penting lainnya termasuk hasil produksi yang dihasilkan dari pelaku UMKM.

“Kami akan berupaya memaksimalkan angkutan logistik Pelni sehingga dapat dimanfaatkan oleh pelaku UMKM dalam mengangkut hasil produknya ke penjuru nusantara,” kata Masrul dalam pernyataan tertulisnya, Rabu (8/7).

Baca Juga

Tidak hanya melalui kapal tol laut saja, Masrul mengatakan kapal penumpang milik Pelni juga memiliki ruang yang luas. Dengan begitu dapat dimanfaatkan dalam pengiriman barang-barang hasil produksi milik UMKM.

Dia menambahkan, Pelni juga memiliki 45 kantor cabang yang tersebar di Indonesia. “pelaku UMKM tidak perlu khawatir dalam hal pengiriman barang ke penjuru nusantara, termasuk daerah tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan,” tutur Masrul.

 

Untuk itu, Masrul menegaskan pelaku UMKM dapat memanfaatkan kontainer milik Pelni yang dapat diangkut menggunakan kapal penumpang. Dia mengatakan, kapal tersebut memilik trayek luas dengan hitungan pengiriman Less Container Loaded (LCL) yakni pengiriman yang tidak mencapai satu kontainer penuh dengan hitungan kubikasi.

Dia mengharapkan, kapal pelni juga dapat mendukung kemajuan dari UMKM di Indonesia. “Kami berharap, pelaku UMKM di Indonesia tetap semangat dalam memproduksi hasil-hasil olahan mereka walaupun di tengah Pandemi Covid-19 ini, sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia,” ungkap Masrul.

Pelni saat ini mengoperasikan sebanyak 26 kapal penumpang dan menyinggahi 83 pelabuhan serta melayani 1.100 ruas. Selain angkutan penumpang, Pelni juga melayani 45 trayek kapal perintis yang menjadi sarana aksesibilitas bagi mobilitas penduduk di daerah terluar dan menyinggahi 275 pelabuhan dengan 3.739 ruas.

Selain itu, Pelni juga mengoperasikan sebanyak 20 kapal Rede. Sedangkan pada pelayanan bisnis logistik, pelni mengoperasikan empat kapal barang, delapan kapal tol laut, serta satu kapal khusus ternak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement