Selasa 07 Jul 2020 23:41 WIB

Marketplace China Minta Maaf Usai Jual Sajadah Jadi Dekorasi

Shein akhirnya memilih minta maaf pada Muslim yang tersinggung.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Andi Nur Aminah
Sajadah
Foto: rugidea.com
Sajadah

REPUBLIKA.CO.ID, CHINA -- Situs penjualan daring atau marketplace asal China, Shein mendapat kritik pedas dalam beberapa pekan terakhir akibat menjual sajadah dengan label karpet dekorasi. Shein akhirnya memilih minta maaf pada Muslim yang tersinggung dari kesalahan itu.

Sebelumnya, tindakan Shein tak butuh waktu lama untuk viral di media sosial. Banyak pelanggan mereka langsung menyatakan ketidaksukaan pada Shein. Perusahaan itu dianggap tak punya kepekaan religius dan berusaha menuai untung dari penjualan sajadah sebagai karpet hiasan.

Baca Juga

Padahal setiap orang yang melihat sajadah itu dapat melihat simbol Ka'bah dan masjid. Sehingga sajadah itu tentu diperuntukkan untuk shalat bukan hiasan semata.

Shein nampaknya khawatir blundernya malah berujung gagal menembus pasar segmentasi Muslim. Shein memilih mencabut sajadah itu dari barang yang mereka jual di situsnya. Selain itu, Shein mengutarakan permintaan maaf lewat akun Instagram. Shein berdalih kesalahan itu terjadi atas kekeliruan yang tak disengaja.

"Kami membuat kesalahan serius baru-baru ini karena menjual sajadah sebagai karpet dekorasi. Kami paham kesalahan ini sangat menyinggung Muslim dan kami meminta maaf," tulis Shein di akun Instagramnya dilansir dari Dawn pada Selasa (7/7).

Shein berkomitmen memiliki staf dari berbagai latar belakang budaya dan agama agar kasus serupa tak terulang. Para staf diharapkan memberi masukan sehingga kesalahan akibat ketidakpahaman pada suatu budaya dan agama dapat dihindari.

"Sebagai merek dunia, kami berjanji melakukan lebih baik dalam mengedukasi diri tentang berbagai budaya, agama dan tradisi untuk menjamin semua pelanggan kami dihormati," lanjut Shein. Rizky Surya

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement