Rabu 08 Jul 2020 01:30 WIB

Warga Pemukiman Padat Jakarta Kini Disediakan Tempat Isolasi

Graha Sehat disiapkan sebagai tempat isolasi mandiri warga pemukiman padat Jakarta.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Dwi Murdaningsih
Petugas mengecek fasilitas isolasi mandiri penanganan COVID-19 di GOR Pademangan, Jakarta Utara. ilustrasi
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Petugas mengecek fasilitas isolasi mandiri penanganan COVID-19 di GOR Pademangan, Jakarta Utara. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Warga yang tinggal di pemukiman padat penduduk di Jakarta kini tidak perlu khawatir bila perlu melakukan isolasi mandiri. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kini menyiapkan Graha Sehat lengkap dengan fasilitas, guna tempat isolasi mandiri bagi warga dari pemukiman padat.

Dewan Riset Daerah (DRD) Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan Pemprov DKI Jakarta menghadirkan Grha Sehat, sebagai sarana isolasi mandiri bagi warga positif Covid-19 dengan gejala ringan. Ketua DRD Provinsi DKI Jakarta, Kemas Ridwan Kurniawan mengatakan, Graha Sehat rencananya akan dibuat di kecamatan atau kelurahan yang masih berstatus zona merah pandemi Covid-19.

Baca Juga

"Tahap awal, Graha Sehat sudah tersedia di GOR Pademangan berkapasitas sebanyak 20 unit atau bilik perawatan," ujar Kemas, Selasa (7/7).

Ia menjelaskan, penyediaan fasilitas bilik isolasi mandiri ini bertujuan agar warga yang positif Covid-19 dapat menjalani perawatan secara maksimal serta tidak jauh dari lokasi tempat tinggal. Hal ini melihat fakta sebagian besar warga di pemukiman padat penduduk, akan sulit untuk melakukan isolasi diri karena keterbatasan tempat.

"Sebagian besar warga yang positif Covid-19 yang tinggal di pemukiman padat penduduk kesulitan untuk melakukan isolasi mandiri. Sementara, untuk dirawat di Wisma Atlet ada yang merasa terlalu jauh dari tempat tinggal. Graha Sehat ini kami harapkan bisa menjadi solusi," terangnya.

Menurutnya, warga positif Covid-19 yang dirawat di Graha Sehat juga bisa merasakan tempat istirahat yang nyaman selama 14 hari menjalani proses isolasi mandiri. "Berbagai prasarana dan sarana perawatan  tersedia di Graha Sehat, di antaranya bilik ruang perawatan medis," ungkapnya.

Ia menambahkan, berkat kolaborasi dengan dengan PT Nanobuble Karya Indonesia bilik isolasi mandiri Graha Sehat sudah dilengkapi penyaring udara menggunakan teknologi buble sehingga kualitas udara yang masuk ke dalam ruang perawatan Covid-19 bersih dan sehat.

"Begitu pula udara dari dalam sebelum keluar dari areal bilik isolasi dilakukan penyaringan  kembali sehingga aman tidak mengandung virus," terangnya.

Ia menambahkan, DRD Provinsi DKI Jakarta juga mengimbau  warga Ibukota tetap menerapkan protokol kesehatan untuk upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Warga diminta tetap gunakan masker, jaga jarak, dan rajin mencuci tangan pakai sabun.

"Keberhasilan penanganan pandemi Covid-19 tidak sekadar menjadi tugas dari tim medis dan pemerintah saja," ucap dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement