Friday, 17 Zulhijjah 1441 / 07 August 2020

Friday, 17 Zulhijjah 1441 / 07 August 2020

In Picture: Perayaan Yadnya Kasada pada Masa Pandemi (2)

Selasa 07 Jul 2020 17:27 WIB

Red: Yogi Ardhi

Foto: ANTARA/Zabur Karuru

REPUBLIKA.CO.ID, TENGGER -- Biasanya ritual ini menjadi salah satu atraksi wisata yang ditunggu-tunggu. Namun untuk kali ini Yadnya Kasada tertutup bagi wisatawan.

Untuk memastikan kawasan Gunung Bromo benar-benar steril dari pengunjung luar, sedikitnya empat titik pemeriksaan telah disiagakan pada beberapa ruas jalan, yakni Desa Sapikerep, Ngadas, Ngadisari dan pintu masuk TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru).

 

"Titik pemeriksaan itu juga sebagai pengawasan penerapan disiplin protokol kesehatan masyarakat Tengger yang mengikuti upacara Yadnya Kasada," kata Tokoh adat masyarakat Tengger Supoyo di Kabupaten Probolinggo, Senin (6/7).

 

Menurutnya, penerapan itu memang telah menjadi komitmen bagi masyarakat Tengger dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19, bahkan tidak hanya di Kabupaten Probolinggo, penerapan serupa juga diberlakukan di wilayah Pasuruan, Malang dan Lumajang yang juga mengikuti upacara adat Yadnya Kasada.

 

"Agar tidak kecolongan, kami juga telah menyiapkan 3.000 masker pada empat titik pemeriksaan serta di Pura Luhur Poten Lautan Pasir kawah Gunung Bromo," tuturnya. Ia menjelaskan masker tersebut dibagikan kepada warga Tengger yang kedapatan tidak memakai masker atau maskernya sudah tidak layak pakai.

 

 

Sumber : Antara Foto

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA