Selasa 07 Jul 2020 17:19 WIB

Perayaan Yadnya Kasada pada Masa Pandemi (1)

.

Red: Yogi Ardhi

Warga menunggu sesaji yang dilempar di kawah untuk diambil saat ritual adat Yadnya Kasada di Tengger, Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, Senin (6/7/2020). Upacara lelabuh pada rangkaian ritual Yadnya Kasada itu, sebagai sesembahan suku Tengger kepada Sang Hyang Widhi. (FOTO : ANTARA/BUDI CANDRA SETYA)

Suasana seserahan sesaji saat ritual adat Yadnya Kasada di Tengger, Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, Senin (6/7/2020). Upacara lelabuh pada rangkaian ritual Yadnya Kasada itu, sebagai sesembahan suku Tengger kepada Sang Hyang Widhi. ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/hp. (FOTO : ANTARA/BUDI CANDRA SETYA)

Masyarakat Suku Tengger melarung kambing ke kawah Gunung Bromo dalam rangka perayaan Yadnya Kasada, Probolinggo, Jawa Timur, Selasa (7/7/2020).Perayaan Yadnya Kasada merupakan bentuk ungkapan syukur dan penghormatan kepada leluhur masyarakat Suku Tengger dengan cara melarung sesaji berupa hasil bumi dan ternak ke kawah Gunung Bromo. (FOTO : Antara/Zabur Karuru)

Masyarakat Suku Tengger melarung uang ke kawah Gunung Bromo dalam rangka perayaan Yadnya Kasada, Probolinggo, Jawa Timur, Selasa (7/7/2020). Perayaan Yadnya Kasada merupakan bentuk ungkapan syukur dan penghormatan kepada leluhur masyarakat Suku Tengger dengan cara melarung sesaji berupa hasil bumi dan ternak ke kawah Gunung Bromo. (FOTO : Antara/Zabur Karuru)

Warga berebut sesaji yang dilempar oleh masyarakat Suku Tengger ke kawah Gunung Bromo dalam rangka perayaan Yadnya Kasada, Probolinggo, Jawa Timur, Selasa (7/7/2020). Perayaan Yadnya Kasada merupakan bentuk ungkapan syukur dan penghormatan kepada leluhur masyarakat Suku Tengger dengan cara melarung sesaji berupa hasil bumi dan ternak ke kawah Gunung Bromo. (FOTO : Antara/Zabur Karuru)

Masyarakat Suku Tengger menarik kambing yang akan dilarung ke kawah Gunung Bromo dalam rangka perayaan Yadnya Kasada, Probolinggo, Jawa Timur, Selasa (7/7/2020). Perayaan Yadnya Kasada merupakan bentuk ungkapan syukur dan penghormatan kepada leluhur masyarakat Suku Tengger dengan cara melarung sesaji berupa hasil bumi dan ternak ke kawah Gunung Bromo. (FOTO : Antara/Zabur Karuru)

Warga membawa kambing yang merupakan persembahan masyarakat Suku Tengger di kawah Gunung Bromo saat perayaan Yadnya Kasada, Probolinggo, Jawa Timur, Selasa (7/7/2020). Perayaan Yadnya Kasada merupakan bentuk ungkapan syukur dan penghormatan kepada leluhur masyarakat Suku Tengger dengan cara melarung sesaji berupa hasil bumi dan ternak ke kawah Gunung Bromo. (FOTO : Antara/Zabur Karuru)

Masyarakat Suku Tengger merayakan Yadnya Kasada di kawah Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, Selasa (7/7/2020). Perayaan Yadnya Kasada merupakan bentuk ungkapan syukur dan penghormatan kepada leluhur masyarakat Suku Tengger dengan cara melarung sesaji berupa hasil bumi dan ternak ke kawah Gunung Bromo. (FOTO : Antara/Zabur Karuru)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, PROBOLINGGO -- Masyarakat Suku Tengger di Kaki Gunung Bromo merayakan ritual Yadnya Kasada. Ritual ini adalah sebuah upacara adat umat Hindu suku Tengger yang diselenggarakan setiap tahun pada hari ke empat belas bulan Kasada.

Berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya, kali ini Yadnya Kasada berlangsung di tengah pandemi. Untuk beberapa protokol kesehatan pun diterapkan pada penyelenggaraan tahun ini.

Sebanyak empat titik pemeriksaan protokol kesehatan disiagakan selama perayaan Yadnya Kasada di Gunung Bromo yang digelar pada 6-7 Juli 2020 dan pelaksanaan ritual warga Suku Tengger tersebut tertutup bagi wisatawan karena pandemi COVID-19.

 

sumber : Antara Foto
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement