Selasa 07 Jul 2020 02:40 WIB

Larangan Menyeruput Kopi Saat Perut Kosong

Ada beberapa hal yang menyebabkan kopi tidak baik diminum saat perut kosong.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah
Ada beberapa hal yang menyebabkan kopi tidak baik diminum saat perut kosong (Foto: ilustrasi kopi)
Foto: Flickr
Ada beberapa hal yang menyebabkan kopi tidak baik diminum saat perut kosong (Foto: ilustrasi kopi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah Anda suka minum kopi dengan perut kosong sebelum sarapan? Ternyata menurut Ahli Gizi, Carlyn Rosenblum, MS, RD kebiasaan ini tidak disarankan,

"Ada beberapa alasan mengapa kopi bukan hal pertama yang baik di pagi hari, terutama bagi wanita," kata Rosenblum, melansir PureWow, Selasa (7/7).

Baca Juga

Minum kopi pagi hari sebelum sarapan dapat meningkatkan kortisol. Hal ini dapat berdampak negatif pada ovulasi, berat badan, dan keseimbangan hormon.

"Minum kafein di pagi hari bisa menumpulkan produksi hormon dan menggeser waktu siklus," ujar Rosenblum.

 

Hal ini dapat menyebabkan seseorang memproduksi kortisol pada waktu ketika biasanya akan turun (seperti pada malam hari). Studi juga menunjukkan bahwa mengonsumsi kafein ketika kortisol tinggi sebenarnya dapat menyebabkan Anda memproduksi lebih banyak kortisol.

Kortisol memang diperlukan untuk kesehatan. Namun, ketika kita terus-menerus stres, tubuh kita terus memproduksi kortisol maka dapat menyebabkan peningkatan gula darah, yang kemudian mengarah pada peningkatan produksi hormon insulin. Kelebihan kortisol dapat menyebabkan efek seperti penambahan berat badan, masalah tidur, dan respon imun yang terganggu.

Minum kopi saat perut kosong di pagi hari juga dapat membuat masalah kesehatan usus. Berdasarkan studi, kopi memengaruhi mikrobioma usus, dan merangsang produksi asam di lambung.

Jika seseorang rentan terhadap refluks asam atau masalah GI lainnya, ada baiknya memperhatikan gejala ini. Kemudian lihatlah peran kopi yang memperburuk keadaan.

Rosenblum merekomendasikan untuk menyantap sarapan yang kaya akan kalsium, seperti yogurt, almond, bayam, kangkung atau biji chia, untuk membantu menetralkan keasaman kopi dan asam lambung. Dia juga mencatat bahwa minuman dingin memiliki asam sekitar 70 persen lebih sedikit daripada kopi panas.

Jadi sebaiknya, seruputlah secangkir kopi setelah sarapan, antara pukul 9.30 pagi dan siang hari. Pada titik itu, kopi benar-benar akan memberi memberikan manfaat dan menjadi penyemangat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement