Senin 06 Jul 2020 22:44 WIB

Dewan Tinggi Libya kutuk serangan ke pangkalan udara al-Watiya

Dewan menyebut serangan itu dilakukan oleh komandan perang Khalifa Haftar dan pasukan pendukungnya dalam upaya mencegah pembentukan tentara nasional Libya - Anadolu Agency

Dewan menyebut serangan itu dilakukan oleh komandan perang Khalifa Haftar dan pasukan pendukungnya dalam upaya mencegah pembentukan tentara nasional Libya   - Anadolu Agency
Dewan menyebut serangan itu dilakukan oleh komandan perang Khalifa Haftar dan pasukan pendukungnya dalam upaya mencegah pembentukan tentara nasional Libya - Anadolu Agency

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL - Dewan Tinggi Negara Libya mengutuk serangan udara di pangkalan udara al-Watiya yang strategis. Lewat sebuah pernyataan yang dirilis pada Ahad malam, dewan mengatakan serangan itu adalah upaya sia-sia di tengah kemenangan beruntun tentara Libya.

Dewan juga mengatakan serangan itu dilakukan oleh komandan perang Khalifa Haftar dan pasukan pendukungnya dalam upaya mencegah pembentukan tentara nasional Libya. Menurut sumber militer, pangkalan udara itu dihantam oleh pesawat yang tak dikenal.

Baca Juga

Meskipun tidak ada korban yang dilaporkan pascainsiden itu, tetapi beberapa peralatan pertahanan udara rusak. Serangan tersebut adalah serangan pertama sejak tentara Libya mengambil alih pangkalan udara dari milisi Haftar pada Mei.

Libya telah dirundung konflik sejak Muammar Khaddafi digulingkan pada 2011. Pemerintah baru Libya didirikan pada 2015 di bawah kesepakatan pimpinan PBB, tetapi upaya untuk penyelesaian politik selalu gagal karena serangan militer pasukan Haftar.

PBB mengakui pemerintah Libya yang dipimpin oleh Fayez al-Sarraj sebagai otoritas sah negara itu. Pemerintah meluncurkan Operasi Badai Perdamaian untuk memerangi Haftar pada Maret.

Baru-baru ini, tentara Libya berhasil membebaskan lokasi-lokasi strategis termasuk pangkalan udara al-Watiya dan Kota Tarhuna, yang merupakan benteng pertahanan terakhir Haftar di Libya Barat.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/dewan-tinggi-libya-kutuk-serangan-ke-pangkalan-udara-al-watiya/1900920
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement