Senin 06 Jul 2020 15:08 WIB

Kosmonaut Rusia Bagikan Foto Komet Paling Terang dari ISS

Kosmonaut Rusia Ivan Vagner berbagi foto komet Neowise yang diambil dari ISS.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Komet Neowise
Foto: twitter Ivan Vagner
Komet Neowise

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Kosmonaut Rusia menangkap foto komet paling terang selama 7 tahun terakhir. Komet itu adalah komet C/2020 F3 atau dikenal juga komet Neowise.

Komet ini ditemukan pada Maret 2020 oleh teleskop ruang angkasa NEOWISE dan dinamai menurut nama teleskop ini. Komet yang diyakini sebagai komet paling terang dalam 7 tahun ini akan membuat pendekatan terdekatnya ke Bumi pada 23 Juli 2020.

Baca Juga

Kosmonaut Rusia Ivan Vagner mencuit mengenai foto komet C/2020 F3 NEOWISE yang ia ambil dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Komet NEOWISE menunjukkan ekornya yang cerah dan terlihat jelas dari Stasiun Luar Angkasa.

"Selama revolusi berikutnya saya mencoba untuk menangkap komet C/2020 F3 (NEOWISE) sedikit lebih dekat, yang paling terang selama 7 tahun terakhir. Ekornya cukup jelas terlihat dari Stasiun Luar Angkasa!" kata Ivan Vagner dilansir di Sputnik News, Senin (6/7).

Komet itu diperkirakan akan terlihat di langit malam di atas cakrawala timur laut, dekat rasi bintang Ascendant. Komet ini akan menjadi yang terdekat dengan Bumi pada 23 Juli 2020.

C/2020 F3 ditemukan oleh teleskop ruang angkasa NEOWISE pada tanggal 27 Maret 2020. Pada 1 Juli, komet ini telah mencerahkan hingga +1, dengan pengamatan kurva cahaya menunjukkan bahwa ia dapat mencapai magnitudo 0, yang akan menjadikannya komet paling terang selama tujuh tahun terakhir. Komet ini juga dilaporkan telah mengembangkan ekor kedua.

Wagner saat ini merupakan bagian dari kru ISS, bersama dengan Anatoly Ivanishin dan astronot NASA Christopher Cassidy, Douglas Hurley dan Robert Benken.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement