Senin 06 Jul 2020 15:15 WIB

Sudah Punya Rumah Sendiri? Hindari 6 Kebiasaan Ini Biar Makin Hemat!

Setelah punya rumah nanti, coba hilangkan beberapa kebiasaan berikut ini karena terbukti dapat membuat pengeluaran membengkak, apa saja? Yuk cari tahu disini:

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Cermati

Kebahagiaan itu akan terasa maksimal kalau seseorang bisa tinggal di rumahnya sendiri. Kamu pun menginginkan hal yang sama, namun deretan pengeluaran rutin acap kali menggagalkan rencanamu untuk segera punya rumah. 

Tapi tenang, dengan tata kelola finansial yang baik disertai kemampuan menahan nafsu belanja, maka keinginan untuk punya rumah pun tidak hanya sebatas mimpi lagi. Kamu bisa segera mewujudkannya dalam beberapa tahun lagi.

Intinya, setelah punya rumah nanti, coba hilangkan beberapa kebiasaan berikut ini karena terbukti dapat membuat pengeluaran membengkak. Yuk, simak beberapa kebiasaan tersebut di bawah ini!

 

1. Menyalakan Air dengan Volume yang Deras

menyalakan air

Sah-sah saja kalau mau menyalakan air apalagi saat mandi atau mencuci pakaian, tapi perhatikan volumenya juga agar tidak terlalu deras. Meskipun volume yang deras membuat bak mandi semakin cepat terisi, di sisi lain tagihan air dapat membengkak setiap bulan. Dan ini membuat pengeluaranmu otomatis bertambah.

Dalam upaya menghemat, lebih baik nyalakan air dengan volume yang kecil saja sehingga meterannya tidak langsung membengkak. Nyalakan 30 menit sebelum dipakai, sehingga bak mandi terisi terlebih dahulu. Lalu, matikan kalau sudah selesai dipakai agar meteran airnya tidak terus-terusan berjalan.

Baca Juga: 4 Video Game yang Mengajarkan Ilmu Manajemen Keuangan

2. Menghidupkan Lampu Meski Tidak Terpakai

menghidupkan lampu

Meski imbauan untuk hemat energi sudah sering diberitakan, tapi masih ada saja orang yang suka buang-buang energi. Kalau kamu termasuk salah satunya, rubahlah karena kebiasaanmu ini boros energi dan juga uang. Apa sulitnya sih mematikan lampu saat selesai digunakan atau hendak bepergian, tinggal cetek satu kali saja langsung selesai.

Bukan hanya di siang atau sore hari, tapi hemat energi juga perlu diterapkan saat malam hari sebelum tidur. Matikan seluruh lampu di rumah, termasuk di ruang tengah dan dapur. Lampu di kamar juga bisa dimatikan kalau kamu terbiasa tidur dengan suasana kamar yang gelap.

3. Menyalakan dan Mematikan AC Seenaknya

menyalakan ac

Menyalakan AC saat suasana panas memang paling pas agar suasana rumah menjadi lebih sejuk, tapi jangan seenaknya dimatikan apalagi kalau AC masih dipakai dalam waktu beberapa menit kemudian. Terlalu sering menyalakan dan mematikan AC tanpa disadari dapat membuat pengeluaranmu membengkak, sehingga tagihan listrik setiap bulan bertambah.

AC memiliki kinerja daya listrik yang terbalik, dimana daya listrik yang terpakai lebih besar  saat AC dinyalakan untuk pertama kalinya daripada saat dipakai. Lebih baik biarkan AC tetap menyala selama kamu berada di rumah, kalau mau bepergian baru dimatikan.

Baca Juga: Patut Ditiru! ini 7 Kebiasaan Hemat Ala Keluarga Kerajaan Inggris

4. Kecanduan Streaming dan Download

streaming

Bermalas-malasan saat weekend atau hari libur tiba memang paling enak, tapi kuota internet yang sering kali menjadi korban. Ya, kamu jadi lebih sering streaming, download, dan buka aplikasi yang menghabiskan banyak kuota sehingga pengeluaran untuk internet pun lebih besar daripada bulan-bulan sebelumnya.

Kalau bosan atau malas, lebih baik cari aktivitas lain yang lebih menyenangkan dan bisa menghemat biaya. Misalnya, belajar memasak resep makanan terbaru, membaca buku atau koran, menonton berita, mendekorasi rumah, atau bersih-bersih kamar. Meskipun capek, setidaknya ada hasil yang bisa kamu dapatkan daripada internetan terus.

5. Menyediakan Stok Makanan dan Minuman

stock makanan

Siapa bilang menyetok makanan dan minuman di kulkas dapat menghemat pengeluaran? Justru sebaliknya, pengeluaran membengkak karena menyediakan stok seperti ini dapat meningkatkan nafsu makan. Meskipun sama sekali tidak lapar, tapi mulut rasanya ingin makan terus karena tidak tahan melihat deretan makanan dan minuman yang ada di kulkas.

Kalaupun ingin menyediakan makanan dan minuman, stok dalam jumlah yang cukup saja dengan variasi yang lebih sedikit. Makanlah dalam jumlah yang cukup dan teratur untuk menghindari kebiasaan mengemil di sela-sela waktu luang. Dengan demikian, kamu bisa menghemat pengeluaran untuk makan, deh!

6. Mencuci Pakaian Saat Mandi

mencuci pakaian

Rajin mencuci itu sebenarnya bagus, tapi jangan setiap kali mandi juga. Keseringan mencuci pakaian membuat persediaan deterjen dan pewangi menjadi cepat habis, penggunaan air juga lebih boros. Hal ini tentunya akan menambah pengeluaran, baik pada bulan ini maupun bulan berikutnya.

Lebih baik kumpulkan kain-kain kotor dalam satu wadah, lalu cuci kalau sudah menumpuk. Tentukan berapa kali kamu akan mencuci dalam satu bulan. Kalau misalnya sebulan empat kali mencuci, itu artinya cuci pakaianmu sekali dalam seminggu saja, bukan setiap hari. 

Buang Kebiasaan yang Menambah Pengeluaran

Bagi kamu yang sudah punya rumah sendiri, sebaiknya hindari kebiasaan-kebiasaan di atas karena dapat mengakibatkan pemborosan. Mumpung belum terlambat, yuk berubah demi finansial yang lebih baik dan stabil. Asal kamu mau dan bertekad, maka perubahan ini bisa terwujud dengan cepat.

Baca Juga: Yakin Mau Ngikutin Tren Terus-Terusan? Baca Ini Terlebih Dahulu!

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement