Senin 06 Jul 2020 13:08 WIB

Sempurnakan E-Procurement, AP I Penerapan Teknologi Digital

Aplikasi e-procurement AP I memudahkan dalam penyusunan harga estimasi sendiri.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi.
Foto: Republika/Rahayu Subekti
Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Angkasa Pura (AP) I (Persero) menyempurnakan layanan e-procurement yang telah dimiliki dengan meluncurkan sistem aplikasi Angkasa Pura Procurement (APPro). Direktur Utama AP I Faik Fahmi mengatakan hal tersebut merupakan inovasi dan langkah untuk mendorong penerapan teknologi digital di tengah pandemi Covid-19 sesuai arahan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

“Hadirnya APPro ini adalah upaya kami dalam mendigitalisasi proses bisnis serta mendorong transparansi proses pengadaan barang dan jasa dalam masa adaptasi kebiasaan baru," kata Faik dalam pernyataan tertulisnya, Senin (6/7).

Baca Juga

Dia menghatapkan, aplikasi APPRo dapat meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan transparansi. Begitu juga untuk mendukung terciptanya tata kelola perusahaan yang baik di lingkungan AP I.

Dibandingkan dengan sistem e-procurement yang lama, APPro telah dilengkapi dengan berbagai keunggulan yang memudahkan bagi pelaku usaha (vendor) untuk mengikuti proses pengadaan barang dan jasa. "Proses pengadaan barang dan jasa mulai dari rapat persiapan, aanwijzing, evaluasi, dan negosiasi penawaran dapat dilakukan secara online dan dari mana saja tanpa perlu datang ke kantorAP I," ungkap Faik.

Sedangkan bagi internal AP I, Faik mengatakan aplikasi APPro memudahkan dalam penyusunan harga estimasi sendiri karena dapat dilakukan melalui sistem terintegrasi ke setiap unit. Begitu juga dengan standarisasi template yang dihasilkan oleh sistem berupa berita acara, nota dinas serta kontrak, efisiensi dari pemaketan pekerjaan berdasarkan kategori manajemen, serta penandatanganan dalam proses pengadaan barang dan jasa dilakukan melalui digital signature.

“ini membuat proses pengadaan barang dan jasa menjadi lebih transparan, akuntabel, independen dan fairness hingga tercipta persaingan yang sehat dan kompetitif bagi semua pelaku usaha (vendor),” tutur Faik. 

Dia memastikan, saat ini aplikasi APPro dapat diakses melalui situs web eproc.ap1.co.id. Selain itu juga bisa didapatkam melalui website AP I yakni www.ap1.co.id.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement