Senin 06 Jul 2020 10:06 WIB

Partai Berkuasa Kroasia Memenangkan Pemilihan Parlemen

Partai berkuasa Kroasia menang dalam pemilu di tengah badai Covid.

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah
Bendera Kroasia
Foto: blogspot.com
Bendera Kroasia

REPUBLIKA.CO.ID, ZAGREB -- Partai Konservatif Kroasia yang sedang berkuasa memenangkan pemilihan parlemen. Kemenangan ini diraih saat angka infeksi virus Corona di anggota terakhir Uni Eropa ini meningkat tajam.

Lebih dari 90 persen suara dihitung, partai pemerintah Croatian Democratic Union (HDZ) memenangkan 66 dari 151 kursi di parlemen. Bentuk koalisi pemerintah baru tampaknya hanya berisi kelompok-kelompok sayap kanan.

Pelaksana tugas perdana menteri dan ketua HDZ Andrej Plenkovic memuji kemenangan ini. Ia menyebutnya sebagai 'hasil yang besar dan kemenangan besar'.

"Hasilnya untuk HDZ, yang mana menjadi kemenangan kami, tidak hanya hebat tapi juga kewajiban, ini kewajiban karena kami memiliki mandat yang sulit penuh tantangan sebelumnya dan tantangan yang lebih sulit lagi di masa mendatang," katanya, Senin (6/7).

Aliansi yang dipimpin partai oposisi Social Democratic Party (SDP) memenangkan 44 kursi. Sementara  Homeland Movement yang diketuai penyanyi folk Miroslav Skoro menempati posisi ketiga dengan 14 kursi.

Ketua SDP Davor Bernardic mengakui kekalahan ini dan mengisyaratkan ia akan mundur dari posisi ketua. "Tentu ini hasil yang buruk dan saya siap untuk pergi," katanya.

Homeland Movement baru bentuk tapi meraih popularitas dengan cepat. Walaupun memicu kemarahan masyarakat karena pandangan garis keras dan nasionalis mereka. Partai itu diyakini merebut sejumlah suara dari HDZ yang mendominasi panggung politik Kroasia sejak negara itu merdeka dari Yugoslavia tahun 1991.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement