Monday, 20 Zulhijjah 1441 / 10 August 2020

Monday, 20 Zulhijjah 1441 / 10 August 2020

Koridor Chabahar Iran akan Gantikan Terusan Suez

Senin 06 Jul 2020 06:31 WIB

Rep: IRNA/ Red: Elba Damhuri

Terusan Suez

Terusan Suez

Foto: egyptford
Koridor Chabahar di Iran menyaingi Terusan Suez dalam jalur perdagangan global

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Direktur Jenderal Organisasi Perdagangan Bebas Zona Chabahar (FTZ) Abdul Rahim Kordi mengatakan koneksi perdagangan Mumbai-Hamburg-Saint Petersburg akan dilakukan melalui Astarakhan, Anzali, Chabahar, dan Nhava Sheva. Iran menyebut jalur aru ini akan menggantikan peran Terusan Suez dalam perdagangan internasional.

Berbicara dalam pertemuan dengan Direktur Pelaksana Kantor Berita Republik Islam (IRNA) Mohammad-Reza Norouzpour, Kordi mengatakan, Koridor Chabahar akan membuat perbedaan besar dalam hal waktu untuk transit barang dari Rusia.

"Ini akan mengurangi waktu yang dibutuhkan dari 38 hari menjadi 14-16 hari," kata Kordi, akhir pekan lalu.

Berkat keberadaan pelabuhan seperti Bandar Abbas dan Pelabuhan Jebel Ali (UEA) dan kurangnya perhatian pada biaya transportasi, Chabahar tidak dianggap sebagai zona ekonomi.

China --yang ingin menjadi negara adidaya ekonomi-- menyarankan program penghidupan jalur ini. Inisiatif Sabuk dan Jalan ini memberikan dampak besar terhadap Koridor Chabahar.

Pada periode ini, Kordi mengatakan negara-negara tidak cukup hanya memiliki teknologi, bahan baku, dan tenaga kerja. Dalam Inisiatif Sabuk dan Jalan vesi China, ada peluang mengurangi waktu dan biaya untuk mencapai pasar ekonomi global.

Kordi mengatakan Iran dapat menghubungkan utara-selatan dan timur-barat dunia melalui Pelabuhan Chabahar. Saat ini, Makran dan Chabahar sebagai jalur utama memulai babak baru mereka.

"Atas perhatian khusus Pemimpin Tertinggi, 300 juta euro dialokasikan untuk kereta api Makran tahun lalu," katanya.

Chabahar, satu-satunya pelabuhan lautan Iran, adalah area penting di Teluk Persia, pantai Oman, dan di Koridor Utara-Selatan.

Chabahar terletak di jalur transit Timur-Barat dan penting untuk transit dan pengiriman. Chabahar menjadi area vital untuk mengirim produk India ke Afghanistan dan Asia Tengah.

Pemerintah India pun telah mengalokasikan sekitar 14 juta dolar AS untuk mengembangkan Pelabuhan Chabahar pada 2020-2021.

Karena posisi strategis dan aksesnya ke laut lepas internasional, Chabahar sangat penting bagi interaksi perdagangan Iran dengan negara-negara regional lainnya.

Chabahar memainkan peran penting dalam mengembangkan perdagangan, ekspor, dan impor dan juga dalam penangkapan ikan.

 

sumber : IRNA
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA