Saturday, 25 Zulhijjah 1441 / 15 August 2020

Saturday, 25 Zulhijjah 1441 / 15 August 2020

Kekasih Putra Sulung Trump Positif Covid-19

Sabtu 04 Jul 2020 14:53 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Christiyaningsih

Kimberly Guilfoyle, kekasih dari putra sulung Donald Trump positif Covid-19. Ilustrasi.

Kimberly Guilfoyle, kekasih dari putra sulung Donald Trump positif Covid-19. Ilustrasi.

Foto: EPA
Kimberly Guilfoyle, kekasih dari putra sulung Donald Trump positif Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON - Kimberly Guilfoyle, kekasih dari putra sulung Donald Trump dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. Kabar mantan penyiar Fox News positif itu didapat dari seorang pejabat tinggi untuk komite penggalangan dana kampanye Trump yang dipimpinnya.

"Setelah dites positif, Kimberly segera diisolasi untuk membatasi paparan," kata Sergio Gor, kepala staf untuk Komite Keuangan Trump Victory dikutip CNN, Sabtu. 

"Dia baik-baik saja dan akan diuji ulang untuk memastikan diagnosisnya benar karena dia tidak menunjukkan gejala. Tetapi sebagai tindakan pencegahan akan membatalkan semua acara yang akan datang. Donald Trump Jr diuji negatif, tetapi sebagai tindakan pencegahan juga mengisolasi diri dan membatalkan semua acara publik," ujarnya menambahkan.

Guilfoyle dinyatakan positif di South Dakota sebelum dia dijadwalkan menghadiri acara Presiden di Mount Rushmore. Guilfoyle dicatat tidak bersama Presiden dan Donald Trump Jr sejauh ini.

Salah satu sumber mengatakan Guilfoyle belum memiliki kontak baru-baru ini dengan Presiden. Tetapi dia berada di Tulsa, Oklahoma dan berada di belakang panggung untuk kampanye di sana dan juga di acara di Phoenix. Tes positif Guilfoyle pertama kali dilaporkan oleh The New York Times.

Guilfoyle mengambil peran awal tahun ini sebagai ketua nasional Komite Keuangan Kemenangan Trump di mana ia dikreditkan dengan memperluas jajaran penggalangan dana. Guilfoyle dan Trump Jr. telah berada di wilayah dataran tinggi yang menjadi tuan rumah pengumpulan dana dolar tinggi selama beberapa hari.

"Guilfoyle telah bersama banyak pendonor kampanye dalam beberapa hari terakhir," kata satu sumber yang mengetahui masalah tersebut dengan syarat anonim.

Acara donor disebut sebagai "Retret Peternakan West Mountain", salah satu peristiwa terjadi di Gallatin Gateway, Montana, dari Selasa hingga Kamis. Acara lain disebut sebagai "Retret Roundup Kota Cepat" di Rapid City, Dakota Selatan, dari Kamis hingga Jumat.

Orang-orang mengatakan Guilfoyle tidak terlihat mengenakan masker selama acara berlangsung. Dia bukan orang pertama yang dekat dengan Presiden untuk dites positif terkena virus. 

Seorang anggota Angkatan Laut yang berfungsi sebagai salah satu valet pribadi Trump dinyatakan positif pada Mei. Selain itu, delapan staf tim pendahuluan Trump yang berada di Tulsa dinyatakan positif terkena virus corona.

Semua staf kampanye Trump yang bekerja di kampanye Trunp di Tulsa mengarantina diri pekan lalu setelah berinteraksi dengan beberapa rekannya yang kemudian dites positif terkena virus kcrona. Pembantu kampanye diuji sebelum acara, sesuai protokol keselamatan kampanye Trump.

Berita uji Covid-19 Guilfoyle datang tidak lama setelah Trump Jr mengunggah gambar yang secara keliru menyarankan bahwa masker dan penutup wajah tidak membantu mencegah penyebaran virus yang sangat menular. Padahal para ahli mengatakan mengenakan masker atau penutup wajah lainnya dapat mengurangi penularan Covid-19 sebanyak 50 persen.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA