Sabtu 04 Jul 2020 12:28 WIB

Racist Fish Tertera di Patung Little Mermaid di Denmark

Patung Little Mermaid di Denmark kembali jadi korban vandalisme.

Patung Little Mermaid dari cerita Hans Christian Andersen di Kopenhagen, Denmark dicoret dengan tulisan racist fish.
Foto: EPA
Patung Little Mermaid dari cerita Hans Christian Andersen di Kopenhagen, Denmark dicoret dengan tulisan racist fish.

REPUBLIKA.CO.ID, KOPENHAGEN -- Patung perunggu Little Mermaid di Kopenhagen, Denmark, kembali dicorat-coret. Patung 107 tahun yang dikunjungi sejuta turis per tahun ini telah beberapa kali jadi korban vandalisme.

Pada Januari 2020, patung ternama ini dicoret dengan tulisan "Free Hong Kong" Kali ini, tulisan racist fish (ikan rasis) terpampang di bagian dasar patung putri duyung dari cerita Hans Christian Andersen. Polisi belum menemukan siapa pelakunya.

Baca Juga

"Ini adalah vandalisme dan kami sudah memulai penyelidikan," kata juru bicara polisi Kopenhagen seperti dikutip dari Reuters.

photo
Patung Little Mermaid dari cerita Hans Christian Andersen di Kopenhagen, Denmark dicoret dengan tulisan racist fish. - (EPA)

Para pengunjuk rasa gerakan Black Lives Matter di dunia menentang patung-patung tokoh bersejarah yang punya andil dalam penindasaan rasisme, seperti penjajah dan penjual budak. Patung Little Mermaid tidak termasuk dalam perdebatan, tapi tahun lalu film remake live action Disney dari animasi berjudul sama menuai kontroversi karena aktris Afrika-Amerika Halle Bailey dipilih jadi pemeran utama.

sumber : Antara, Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement