Sabtu 04 Jul 2020 12:18 WIB

Mau Sehat? Jauhi Rokok dan Batasi Gula, Garam, Lemak

Masyarakat yang menerapkan pola hidup tak sehat rentan terkena penyakit tak menular.

Makanan tinggi lemak. Agar kesehatan terjaga, hindari makanan yang tinggi gula, garam, dan lemak.
Foto: Pixabay/Stevepb
Makanan tinggi lemak. Agar kesehatan terjaga, hindari makanan yang tinggi gula, garam, dan lemak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masyarakat diserukan untuk menghindari gaya hidup tak sehat dan mengurangi asupan kurang menyehatkan saat pandemi Covid-19. Merokok serta mengonsumsi pangan mengandung gula, garam, dan lemak berlebih termasuk yang harus dijauhi.

"Jangan sampai terlambat menerapkan hidup sehat untuk mencegah faktor risiko," kata Dr dr Eka Ginanjar SpPD(KKV) dalam jumpa pers daring di Jakarta, Sabtu.

Baca Juga

Eka mengatakan, di masa sebelum pandemi Covid-19, masyarakat yang tidak menerapkan pola hidup sehat sudah sangat banyak. Mereka adalah golongan rentan terkena penyakit tidak menular.

Semasa pandemi seperti saat ini, menurut Eka, persoalan asupan harus menjadi perhatian agar sehat serta seimbang, terlebih banyak masyarakat yang juga memiliki kebiasaan merokok. Tubuh yang kurang sehat tentu sangat mudah terinfeksi berbagai penyakit menular, termasuk Covid-19.

"Merokok ini menjadi masalah, apalagi para perokok adalah golongan yang muda dan tidak pandang gender. Padahal, merokok efeknya itu memang tidak langsung fatal. Perokok akan menumpuk racun dan penyakit dan baru menerima dampaknya setelah kebiasaan 15 sampai 20 tahun," kata Sekretaris Jenderal Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) itu.

Eka mengatakan, banyak pasien yang datang ke dokter penyakit dalam ketika dada sakit, nyeri, atau gangguan kesehatan lain akibat pola hidup tidak sehat. Mereka banyak yang baru berhenti merokok ketika mengalami gangguan kesehatan. Padahal sejatinya penyakit yang mereka keluhkan itu buah dari kebiasaan buruknya selama bertahun-tahun.

Sementara dikaitkan dengan pandemi, menurut Eka, orang dengan gangguan penyakit tidak menular karena asupan yang tidak sehat itu adalah kalangan rentan. Alasannya, selain kekebalannya tidak begitu baik, struktur jaringan tubuhnya mengalami gangguan fungsi akibat asupan tidak sehat, seperti kebiasaan merokok serta asupan berlebih dari gula, garam, dan lemak.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement