Sabtu 04 Jul 2020 11:43 WIB

Kupas RI Berkeadaban, Komisi Budaya MUI Gelar Rakornas

Pemateri adalah Dr KH Sodikun, Habiburrahman El Shirazy dan  Prof Suyanto.

Penulis Habiburrahman El Shirazy, ketua Komisi Pembinaan Seni Budaya Islam (KPSBI) MUI Pusat.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Penulis Habiburrahman El Shirazy, ketua Komisi Pembinaan Seni Budaya Islam (KPSBI) MUI Pusat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Komisi Pembinaan Seni Budaya Islam (KPSBI) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat  akan menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas), Sabtu (11/7) mendatang.

“Rakornas secara virtual ini mengusung tema ‘Penguatan Strategi Seni Budaya Islam untuk Indonesia Berkeadaban’,” kata Ketua Komisi Pembinaan Seni Budaya Islam (KPSBI) MUI, Habiburrahman El Shirazy dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Sabtu (4/7).

Ia menambahkan, Rakornas yang akan dipandu oleh Dr Saiful Bahri Lc, MA, dan Ustadz Erick Yusuf itu, menurut rencana akan dibuka dengan kata sambutan Wakil Ketua MUI Pusat, Drs H Zainut Tauhid Sa’adi MSi. 

Acara pokok, yakni pembahasan materi tema diisi oleh tiga nara sumber. Dr KH Sodikun MSi (ketua Dewan Pimpinan MUI) mengupas topik  “Seni Budaya Islam di Indonesia’. Kemudian, Habiburrahman El Shirazy membahas topik “Seni Budaya Dalam Fikih Dakwah Kontemporer”. 

Terakhir, Prof Dr M Suyanto (produser film The Battle of Surabaya) menguraikan tentang “Strategi Memasukkan Nilai Islam dalam Karya Film dan Menembus Pasar Internasional”.

“Panitia juga mengundang sastrawan Taufiq Ismail untuk memberikan Pidato Kebudayaan. Kami masih menunggu konfirmasi dari beliau,” ungkap Kang Abik, panggilan akrab Habiburrahman El Shirazy.

Ketua Panitia Rakornas KPSBI MUI, Ustadz Erick Yusuf menambahkan, panitia mengudang perwakilan pengurus Komisi Budaya MUI dari seluruh provinsi. “Mudah-mudahan perwakilan pengurus Komisi Budaya MUI dari seluruh provinsi bisa hadir. Sehingga, acara  Rakornas ini jadi lebih hangat dan berbobot. Baik  saling silaturahim maupun  memberikan masukan untuk menjadikan KPSBI MUI lebih baik  ke depannya,” kata Ustadz Erick Yusuf.

Ia mengemukakan, Rakornas KPSBI MUI akan makin meriah dengan adanya hiburan seni budaya Islam yang akan dibawakan oleh Agus Idwar. “Selain itu, juga akan ada pembacaan puisi oleh sastrawati dan pendiri Forum Lingkar Pena, Helvi Tiana Rosa,” ujarnya.

Secara keseluruhan, acara itu direncanakan berlangsung dari pagi hari, pukul 07.30, hingga pukul 12.00. “Acara akan ditutup oleh Sekjen DP MUI Pusat, Dr H Anwar Abas MM, MAg,” tuturnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement