Sabtu 04 Jul 2020 11:38 WIB

Trump Pimpin Perayaan Peringatan Kemerdekaan AS di Rushmore

Di hari kemerdekaan AS Trump berpidato menyinggung demonstran George Floyd

Rep: Fergi Nadira/ Red: Christiyaningsih
Di hari kemerdekaan AS Trump berpidato menyinggung demonstran George Floyd. Ilustrasi.
Foto: Patrick Semansky/AP
Di hari kemerdekaan AS Trump berpidato menyinggung demonstran George Floyd. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump tiba di Gunung Rushmore untuk memperingati hari kemerdekaan AS yang jatuh pada 4 Juli. Kali ini Trump bakal berpidato menyinggung para demonstran yang telah melakukan aksi unjuk rasa menentang ketidakadilan rasial dan kebrutalan polisi menyusul kematian George Floyd.

Menurut Trump, demonstrasi itu telah menghapus sejarah Amerika. "Gerakan ini secara terbuka menyerang warisan setiap tokoh di Gunung Rushmore," ujar Trump menurut kutipan pidatonya yang dikeluarkan oleh Gedung Putih.

Baca Juga

Dia juga akan menambahkan bahwa beberapa harapan politik kiri untuk "mencemarkan nama baik pahlawan kita, menghapus nilai-nilai kita, dan mengindoktrinasi anak-anak kita," katanya. Trump akan berpidato di monumen yang terletak di South Dakota, yang menampilkan ukiran wajah empat presiden AS George Washington, Thomas Jefferson, Theodore Roosevelt, dan Abraham Lincoln.

Acara tersebut, meskipun bukan kampanye, memiliki kesan seperti orang yang ramah menyambut Trump dengan teriakan "Empat tahun lagi!" dan bersorak penuh semangat saat dia dan ibu negara Melania Trump naik panggung.

"Mereka yang berusaha untuk menghapus warisan kita ingin orang Amerika melupakan harga diri kita, sehingga kita tidak bisa lagi memahami diri kita sendiri atau nasib Amerika," ujar Trump.

Acara ini menarik ribuan penonton, kebanyakan dari mereka tanpa masker dan tidak mengindahkan aturan jarak sosial. Padahal kasus Covid-19 telah melonjak drastis di seluruh negeri. Presiden diatur untuk berbicara sebelum pertunjukan kembang api besar, yang pertama diadakan di situs itu dalam lebih dari satu dekade.

Kunjungan Trump telah menimbulkan ketakutan akan kemungkinan penyebaran Covid-19, kekhawatiran akan kebakaran terkait kembang api, dan unjuk rasa dari kelompok warga asli Amerika.

Beberapa jam sebelum Trump tiba, pengunjuk rasa memblokir jalan menuju monumen. Pihak berwenang bertugas untuk memindahkan para demonstran, sebagian besar penduduk asli Amerika memprotes bahwa Black Hills South Dakota diambil dari orang-orang Lakota melawan perjanjian. Sekitar 15 pengunjuk rasa ditangkap setelah melewati tenggat waktu yang ditentukan polisi untuk pergi.

Para pemimpin beberapa suku asli Amerika di wilayah tersebut menyuarakan keprihatinan bahwa peringatan kemerdekaan dapat menyebabkan wabah virus di antara anggota mereka. Anggota mereka sangat rentan terhadap Covid-19 karena sistem perawatan kesehatan yang kurang dana dan kondisi kesehatan kronis.

"Presiden menempatkan anggota suku kami dalam bahaya untuk mengadakan kegiatan foto di salah satu situs paling sakral kami," kata Harold Frazier, ketua Cheyenne River Sioux Tribe.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement