Thursday, 16 Zulhijjah 1441 / 06 August 2020

Thursday, 16 Zulhijjah 1441 / 06 August 2020

Menhan Didampingi KSAD Berbincang dengan Enzo Zenz Allie

Sabtu 04 Jul 2020 07:53 WIB

Rep: Erik PP/ Red: Erik Purnama Putra

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

Foto: Dok Biro Humas Kemenhan
Ditanya Prabowo ingin masuk korps apa, Enzo menjawab Infanteri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pertahanan (Menhan) Letjen (Purn) Prabowo Subianto didampingi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa melakukan kunjungan kerja ke Akademi Militer (Akmil) Magelang pada Jumat (3/7). Prabowo hadir untuk memberikan pembekalan dan melantik 254 taruna tingkat IV/Sermatutar Akmil.

Salah satu momen kunjungan Prabowo di Akmil, yang menjadi kawah candradimuka yang menempanya menjadi TNI, diunggah oleh ajudan pribadinya, yaitu Rizky Irmansyah dalam akun Instagram, @rizky_irmansyah. Prabowo yang merupakan abituren Akmil 1974 datang disambut oleh Gubernur Akmil Mayjen Dudung Abdurachman beserta jajaran.

Sebelum meninggalkan Akmil, Prabowo didampingi Andika sempat berbincang dengan salah satu taruna Akmil angkatan 2019, yaitu Enzo Zenz Allie. Momen percakapan yang terekam video sepanjang delapan detik tersebut diunggah di akun Instagram @indonesiaadilmakmur.

Prabowo awalnya meminta agar Enzo giat berlatih agar menjadi pribadi yang kuat. "Kamu mau masuk korps apa?" kata Prabowo kepada Enzo yang ayahnya berkewarganeraan Prancis itu. Enzo pun membalas tegas pertanyaan Prabowo, "Siap Infanteri." Prabowo pun merespon, "Bener."

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Resimen Korps Taruna Akademi Militer

A post shared by Prabowo Sandi (@indonesiaadilmakmur) on



Orang di sekeliling Prabowo menukas jawaban Enzo yang menjawab ingin masuk korps Infanteri ketika sudah diwisuda dari Akmil nanti. "Kopassus ya?" Sayangnya percakapan Prabowo dengan Enzo terhenti lantaran singkatnya durasi rekaman video.

Kepala Biro Humas Setjen Kementerian Pertahanan, Brigjen Ignatius Eko Djoko Purwanto membenarkan momen percakapan Menhan Prabowo dengan taruna Enzo terjadi di kompleks Akmil Magelang saat kunjungan pada Jumat (3/7). "Iya benar," kata Djoko saat dikonfirmasi Republika.

Enzo pada medio Agustus 2019, viral lantaran saat proses panitia penentuan akhir (pantukhir) seleksi taruna, mendapat pertanyaan dari Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Video percakapan keduanya menggunakan bahasa Prancis mendapat publikasi luas. Saat itu Enzo menjawab ingin masuk korps Infanteri kala ditanya Marsekal Hadi. "Siap Infanteri, Komando," kata Enzo yang ingin gabung di Kopassus setelah lulus menjalani pendidikan di Akmil.

Hanya saja, Enzo sempat menjadi kontroversi gara-gara fotonya yang membawa bendera tauhid beredar luar di masyarakat. Sebagian pihak menuding bendera tauhid itu berafiliasi dengan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). KSAD Jenderal Andika pun sampai harus mengklarifikasi, dan melakukan tes ulang kepada Enzo, hingga akhirnya tetap lolos seleksi Akmil 2019, dan berhak mengikuti pendidikan.

Calon Akmil, Akademi Angkatan Laut (AAL), dan Akademi Angkatan Udara (AAU) dijadwalkan akan menjalani prasetya perwira (upacara pelantikan perwira) pada 14 Juli mendatang. Pelantikan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari Istana Kepresidenan Jakarta secara virtual kepada ratusan calon perwira Akmil, AAL, dan AAU, yang ketiganya sudah dikunjungi Menhan Prabowo.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA