Sabtu 04 Jul 2020 06:58 WIB

Bangka Bentuk Tim Pengawas Kesehatan Hewan Ternak

Tim pengawas hewan ternak memastikan kesehatan hewan ternak dan layak konsumsi

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Tim pengawas hewan ternak memastikan kesehatan hewan ternak dan layak konsumsi. Ilustrasi.
Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Tim pengawas hewan ternak memastikan kesehatan hewan ternak dan layak konsumsi. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, SUNGAILIAT - Pemerintah Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung membentuk tim pengawas kesehatan hewan ternak. Tim ini dibentuk guna memastikan kondisi kesehatan hewan dan layak konsumsi masyarakat.

"Tim pengawas kesehatan hewan ternak melibatkan tenaga tenaga medis hewan serta petugas terkait lainnya," kata Kasi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka, Krisnaningsih di Sungailiat, Jumat.

Baca Juga

Menurutnya tim pengawas kesehatan hewan ternak yang mulai turun ke lapangan pada Senin (13/7) difokuskan di sejumlah tempat pedagang hewan terutama pada sapi dan kambing untuk keperluan kurban. "Tim melakukan pengawasan menyeluruh di pedagang pengumpul hewan baik hewan peternak lokal maupun yang dipasok dari luar pulau Bangka," jelasnya.

Tim akan memeriksa kesehatan hewan mulai dari kulit, telinga, mulut, dan lainnya. "Hewan yang sudah diperiksa kesehatan dan dinyatakan sehat akan diberi tanda untuk memberikan jaminan kesehatan serta mempermudah masyarakat membelinya," terang Krisnaningsih.

Dia mengimbau pendagang hewan baik sapi ataupun kambing agar memperhatikan kebersihan kandang dan pemberian pakan yang seimbang. Menurutnya penyakit pada hewan dapat terjadi karena faktor lingkungan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement