Saturday, 25 Zulhijjah 1441 / 15 August 2020

Saturday, 25 Zulhijjah 1441 / 15 August 2020

Desa Wisata Dinilai Miliki Peluang di Tengah Pandemi

Sabtu 04 Jul 2020 05:12 WIB

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Andi Nur Aminah

Sandiaga Uno

Sandiaga Uno

Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Pandemi Covid-19 membuat jumlah pengunjung suatu lokasi wisata dibatasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno memprediksi masa depan pariwisata Indonesia pasca Covid-19 ini adalah tempat-tempat yang jarang dipromosikan dan belum viral. Oleh karena itu, Sandi mendorong tempat-tempat wisata tersebut dikembangkan dan dikelola secara baik.

Baca Juga

"Jadi ini justru waktunya kita untuk mengembangkan pariwisata yang ada di daerah kita karena sebetulnya Indonesia ini banyak sekali spot-spot wisata yang sangat menarik,” kata Sandiaga dalam keterangannya Jumat (3/7).

Mantan ketua umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) ini meyakini bila tempat-tempat wisata tersebut dipromosikan dengan baik maka akan turut membuka lapangan kerja bagi warga sekitar. Menurutnya, wisata tersebut dapat semakin menggerakkan ekonomi daerah sekitar dan membuka peluang lapangan kerja untuk masyarakat terdekat.

Mantan wakil gubernur DKI Jakarta ini menyebutkan bahwa wisata yang akan muncul nantinya adalah wisata berbasis desa. Dia mengatakan, hal itu mengingat situasi pandemi Covid-19 yang membuat jumlah pengunjung suatu lokasi wisata dibatasi.

"Jadi solusi daripada industri pariwisata kita ke depan pariwisata model niche, kecil, tidak sampai empat atau lima orang. Karena kan social distancing dan lain sebagainya," katanya.

Sandi juga mengingatkan kalangan milenial untuk bisa memanfaatkan situasi wabah Covid-19 ini untuk mengembangkan pariwisata bebasis desa atau desa wisata, tetapi tetap berbasis kearifan lokal. Dia mengatakan, pandemi Covid-19 telah mengubah tipe-tipe pariwisata yang akan berkembang adalah desa-desa wisata, dimana pengunjungnya di bawah 50 orang.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA