Sunday, 19 Zulhijjah 1441 / 09 August 2020

Sunday, 19 Zulhijjah 1441 / 09 August 2020

Ini Ternyata Waktu Tepat Menjemur Anak

Sabtu 04 Jul 2020 02:38 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Dua orang anak berjemur bersama orang tuanya di Kota Kediri, Jawa Timur. Berjemur di pagi hari merupakan upaya sederhana untuk menjaga kebugaran dan imunitas tubuh guna di tengah pandemi COVID-19

Dua orang anak berjemur bersama orang tuanya di Kota Kediri, Jawa Timur. Berjemur di pagi hari merupakan upaya sederhana untuk menjaga kebugaran dan imunitas tubuh guna di tengah pandemi COVID-19

Foto: Antara/Prasetia Fauzani
Dokter anak menyarankan menjemur anak di bawah sinar matahari langsung sebelum 9 pagi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter anak sekaligus anggota IDAI Jaya, Margareta Komalasari menyarankan anak-anak bisa berjemur di bawah sinar matahari langsung sebelum jam 9 pagi.

"Perlindungan anak dari luar dan dalam tubuh anak. Perlindungan dari luar, anak harus tetap aktif bergerak sesuai usia minimal satu jam per hari dan tetap berjemur untuk dapatkan asupan vitamin. di bawah jam 9 tidak masalah untuk direct exposure sekitar 15 menit," kata dia dalam talk show media via daring, Jumat (3/7).

Setelah pukul 10.00 hingga 14.00 ada risiko sinar matahari langsung membuat kulit anak menjadi kemerahan hingga sun burn, sehingga sebaiknya anak tidak terpapar langsung sinar matahari.

"Pukul 10-14.00 tidak usah lama-lama, bisa sunburn, kulit kemerahan, tidak usah direct exposure, di teras saja sudah bisa dapatkan manfaat (untuk tulang dan kulit)," tutur Margareta.

Saat anak harus keluar rumah, salah satunya berolahraga sebaiknya ajarkan dia menerapkan pedoman kesehatan di masa transisi normal baru seperti mengenakan masker atau pelindung wajah, menjaga jarak fisik dan sosial, lalu rajin mencuci tangan usai berkegiatan.

Sebenarnya, anak-anak cenderung belum memahami konsep menjaga jarak. Anda bisa mengajarkan mereka tentang konsep ini dengan cara yang mudah dipahami misalnya melalui video.

Margareta mengingatkan para orang tua tidak luput memperhatikan tumbuh kembang anak termasuk asupan nutrisinya.

"Perlindungan anak dari dalam tubuh yakni memberikan asupan nutrisi lengkap dan bergizi sesuai Angka Kecukupan Gizi (AKG) dan usia, kalau tidak lengkap bisa berikan multivitamin mulai dari A sampai E untuk menjaga keseimbangan nutrisi anak," tutur dia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA