Sabtu 04 Jul 2020 00:11 WIB

Koreografer di Balik Tarian Film Bollywood Tutup Usia

Saroj Khan, koreografer terkenal dari film-film Bollywood meninggal dunia.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Saroj Khan, koreografer terkenal dari film-film Bollywood meninggal dunia (Foto: Saroj Khan)
Foto: Wikipedia
Saroj Khan, koreografer terkenal dari film-film Bollywood meninggal dunia (Foto: Saroj Khan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saroj Khan, koreografer terkenal India di belakang beberapa produksi besar Bollywood meninggal dunia pada usia 71 tahun. Khan membuat koreografi dari ratusan musik selama empat dekade karirnya. Beberapa bintang besar India pun menari dengan arahannya.

Dilansir melalui edition.cnn.com pada Jumat (3/7), Khan meninggal karena serangan jantung di Rumah Sakit Guru Nanak di Mumbai, Jumat (3/7). Salah satu dokternya, Narendra Sharma mengatakan, Khan juga menderita diabetes dan sedang menjalani dialisis.

Baca Juga

Khan berjuang melawan infeksi yang akhirnya menyebabkan henti jantung. Khan juga dua kali melakukan uji tes Covid-19, tetapi kedua tes negatif.

Lagu-lagu hit, termasuk “Dola Re Dola” dari film Devdas; “Yeh Ishq Haye” dari film komedi 2007 Jab We Met (When We Met) dibuat dengan koreografi Khan. Khan juga dikenal sebagai mentor beberapa wajah Bollywood paling terkenal.

Khan bekerja dengan mendiang pemain Sridevi dalam beberapa judul, termasuk Mr. India, Chandni, dan Lamhe, serta koreografer veteran Bollywood Madhuri Dixit dalam belasan film. Dixit memberikan penghormatan pada Khan melalui akun Twitter pribadinya.

“Saya kehilangan teman dan guru, Saroj Khan. Akan selalu bersyukur atas pekerjaannya dalam membantu saya mencapai potensi saya dalam menari. Dunia kehilangan orang yang sangat berbakat. Saya akan merindukanmu,” tulisnya.

Aktor Akshay Kumar mengaku terkejut mendengar kabar meninggalya koreografer legendaris Saroj Khan saat bangun tidur.

“Dia membuat tarian terlihat mudah hampir, seperti semua orang bisa menari, kehilangan besar bagi industri. Semoga jiwanya berinstirahat dalam damai,” tulis Kumar.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement