Sabtu 04 Jul 2020 00:40 WIB

Dongkrak Desa Wisata, Banyumas Serahkan Bantuan Gamelan 

Banyumas mendukung peningkatan desa wisata di Banyumas Jawa Tengah.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Nashih Nashrullah
Banyumas mendukung peningkatan desa wisata di Banyumas Jawa Tengah. Ilustrasi gamelan.
Foto: Republika/ Wihdan
Banyumas mendukung peningkatan desa wisata di Banyumas Jawa Tengah. Ilustrasi gamelan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS – Pemerintah Kabupaten Banyumas melalui Dinas Pemuda dan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar), menyerahkan bantuan seperangkat gamelan pelog dan slendro kepada Yayasan Pakasa Desa Cikakak Kecamatan Wangon.

Penyerahan bantuan gamelan dilakukan langsung oleh Bupati Achmad Husein pada Ketua Yayasan Pakasa, Raden Tumenggung Handoyo Dipuro, di Rumah Adat Cikakak.  

Baca Juga

Bupati Achmad Husein menyebutkan, Desa Cikakak merupakan salah satu desa wisata di Banyumas yang memiliki sumber daya alam dan warisan tradisi/budaya luar biasa. Di desa ini ada atraksi hewan kera dan Masjid Saka Tunggal yang merupakan warisan leluhur. 

''Ini patut disyukuri warga dengan terus membangun keseimbangan alam, agar kera-kera tidak mengganggu tanaman atau masuk rumah-rumah warga untuk mencari makan,'' katanya, Jumat (3/7).

Achmad menyatakan, bantuan berupa gamelan, antara lain untuk mendukung Desa Cikakak sebagai desa wisata dan untuk meningkatkan kemajuan kebudayaan jawa. 

Dia berharap fasilitas gamelan akan memicu kegiatan seni dan budaya  masyarakat Cikakak semakin berkembang. 

Ketua Yayasan Pakasa, Raden Tumenggung Handoyo Dipuro, mengaku bersyukur atas bantuan yang diberikan Pemkab Banyumas. 

''Adanya bantuan gamelan ini, akan kami manfaatkan untuk pengembangan kesenian di desa kami. Paling tidak,  warga kami akan semakin rutin untuk menggelar latihan,'' katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement