Jumat 03 Jul 2020 20:26 WIB

Delapan Hektar Lahan Gambut di Bengkalis Terbakar

Petugas masih berusaha melakukan pemadaman dari darat dan udara.

Petugas melakukan pemadaman karhutla gambut (ilustrasi).
Foto: Antara/ManggalaAgni
Petugas melakukan pemadaman karhutla gambut (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BENGKALIS -- Sekitar delapan hektare lahan gambut di Kelurahan Tanjung Kapal, Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis habis dilalap si jago merah. Kebakaran terjadi sejak dua hari yang lalu.                             

"Dari semula lebih kurang dua hektare pada hari pertama. Kamis petang kemarin menjadi delapan hektare. Petugas terus melakukan pemadaman dan sekitar dua hektare sudah berhasil dijinakkan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkalis, Riau, H Tajul Mudarris, Jumat (3/7).   

                               

Menurut Tajul, kebakaran meluas disebabkan cuaca panas dan angin kencang. Puluhan petugas baik dari BPBD, TNI, Polri, dan petugas lainnya terus melakukan upaya pemadaman. "Pemadaman dibantu dari udara atau water booming menggunakan tiga unit helikopter," kata Tajul.

                               

Tim BPBD Bengkalis sudah siap sejak awal untuk menghadapi kebakaran lahan yang muncul. Di mana setiap kecamatan sudah ada personel BPBD yang disiagakan, baik melakukan pemantauan maupun diturunkan untuk memadamkan.

                               

"Begitu juga tim dari kepolisian, TNI, masyarakat, dan MPA yang ada di setiap kecamatan juga sudah siap. Bahkan daerah yang ada perusahaan juga menyiagakan tim untuk membantu pemadaman di sekitaran lahan mereka masing masing," kata Tajul.

               

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement