Friday, 24 Zulhijjah 1441 / 14 August 2020

Friday, 24 Zulhijjah 1441 / 14 August 2020

Hukum Menikahi Wanita Hamil Karena Berzina

Jumat 03 Jul 2020 16:40 WIB

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Muhammad Hafil

Hukum Menikahi Wanita Hamil Karena Berzina. Foto Ilustrasi: Jangan Berzina

Hukum Menikahi Wanita Hamil Karena Berzina. Foto Ilustrasi: Jangan Berzina

Perkawinan tidak mengurangi dosa berzina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Perkawinan kerap dijadikan cara untuk menutup aib kehamilan karena berzina. Pihak keluarga biasanya akan mengawinkan perempuan tersebut dengan orang hang menzinainya atau orang lain yang bersedia menutup aib si perempuan beserta keluarganya.

Baca Juga

Sebelum beralih ke sisi hukum dalam Islam, pakar tafsir Alquran Prof M Quraish Shihab menegaskan dalam bukunya berjudul Perempuan, bab Kawin Hamil, bahwa perkawinan sama sekali tidak mengurangi dosa orang yang telah berzina, begitu juga dampak yang akan diterima anak yang akan lahir. Secara umum, pernikahan yang dilakukan setelah kehamilan dinilai sah oleh banyak ulama, walaupun ada sebagian kecil yang menolak.

Ibnu Abbas RA berpendapat bahwa hubungan dua jelas kelamin yang tidak didahului pernikahan yang sah, lalu dilakukan setelahnya pernikahan yang sah, menjadikan hubungan tersebut awalnya haram dan akhirnya halal. “Dengan kata lain, sama saja dengan keadaan seseorang mencuri buah dari sebuah kebun, kemudian dia membeli kebun itu beserta seluruh buahnya. Jadi apa yang dicurinya tetap haram, sedangkan yang dibelinya setelah pencurian itu adalah halal, ini pendapat Imam Syafi’i dan Abu Hanifah,” tulis Quraish Shihab yang dikutip Republika, Jumat (3/7).

Namun Imam Malik menilai bahwa orang yang berzina kemudian menikah, maka pernikahan tersebut tidaklah sah. Begitu pula dengan hubungan badan keduanya adalah haram sepanjang janin, hasil hubungan di luar nikah, masih berada di kandungan. “Menurut Imam Malik, Pernikahan baru sah bila akad nikah dilakukan setelah kelahiran sang anak,” tulis Quraish Shihab. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA