Jumat 03 Jul 2020 15:06 WIB

UNS Resmikan Hari Bebas Emisi

Kegiatan bersepeda bersama akan dilakukan setiap Jumat pekan bertama

Rep: Binti Sholikah/ Red: Ilham Tirta
Gerbang Kampus UNS
Gerbang Kampus UNS

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jamal Wiwoho meresmikan Hari Bebas Emisi di lingkungan kampus UNS. Hari Bebas Emisi diberlakukan di lingkungan kampus UNS mulai Juli ini.

Kegiatan diawali dengan bersepeda bersama dari rumah dinas Rektor UNS dan berakhir di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Kegiatan tersebut dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Secara rutin, agenda tersebut akan dilaksanakan satu hari dalam sebulan setiap Jumat pekan pertama. Dalam Surat Edaran Nomor 44/UN27/SE/2020 dijelaskan ketentuan yang mengatur pelaksanaan kegiatan tersebut. Seperti, mewajibkan seluruh aktivitas mobilisasi di kampus menggunakan alat transportasi bebas emisi dan berjalan kaki atau menggunakan alat transportasi publik yang telah disediakan kampus.

Jamal menyampaikan, rencana penerapan Hari Bebas Emisi berawal dari peringatan Hari Lingkungan Hidup bulan lalu. Kegiatan tersebut dinilai positif dan berdasarkan diskusi yang telah dilakukan. jajaran pimpinan universitas fakultas, dan direktur Sekolah Vokasi (SV).

"Tentu ini merupakan satu yang harus dipersiapkan, terutama area parkir. Untuk hari-hari ini belum menjadi masalah, tapi nanti jika sudah aktif tentu kita mencoba untuk meningkatkan frekuensi angkutan yang bisa dipergunakan," terang Jamal seperti tertulis dalam siaran pers, Jumat (3/7).

Pelaksanaan kegiatan rutin tersebut akan dimulai dari pukul 06.00-17.30 WIB. Bagi seluruh civitas akademika UNS yang terpaksa menggunakan kendaraan pribadi bukan bebas emisi dapat parkir di tempat yang telah disediakan. Terdapat tiga lokasi yakni, halaman gedung LPPM, halaman gedung BAPSI dan Gedung SPMB serta wilayah seputar Stadion.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement