Jumat 03 Jul 2020 14:50 WIB

Kereta Siliwangi Sukabumi-Cianjur Beroperasi Normal

Banyak warga yang belum tahu kalai Kereta Siliwangi sudah beroperasi kembali.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Kereta Siliwangi rute Sukabumi-Cianjur.
Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Kereta Siliwangi rute Sukabumi-Cianjur.

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Kereta Siliwangi jurusan Sukabumi-Cianjur, Jawa Barat, kembali beroperasi secara normal dengan menyediakan kuota sebanyak 140 orang penumpang untuk satu kali jalan sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku.

Staf Stasiun Kereta Api Cianjur, Indra, mengatakan, pembukaan hari pertama setelah beberapa bulan terhenti karena pandemi Covid-19, Kereta Siliwangi jurusan Cianjur-Sukabumi kembali beroperasi dan tercatat pada jadwal pemberangkatan pertama dari Stasiun Ciranjang hanya 20 penumpang.

"Kemungkinan belum banyak yang tahu kalau hari ini KA Siliwangi sudah beroperasi kembali seperti biasa, namun jumlah penumpang dibatasi 140 orang untuk sekali jalan, sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 dan sebagai bentuk memenuhi protokol kesehatan," kata Indra kepada wartawan di Stasiun Cianjur, Jumat (3/7).

Pihaknya memperkirakan penumpang akan melonjak beberapa hari tepatnya saat hari libur karena Kereta Siliwangi banyak digunakan sebagai transportasi menuju tempat wisata yang ada di wilayah Cianjur dan Sukabumi. Sehingga pihaknya telah mempersiapkan sejumlah protokol kesehatan yang harus dipatuhi penumpang. Bahkan saat memasuki stasiun untuk memesan tiket jarak antarcalon penumpang sudah diatur agar tidak berkerumun. Sehingga jarak aman antarcalon penumpang menjadi prioritas pihak stasiun, bahkan loket yang dibuka pun sudah diatur tidak seluruhnya.

"Petugas disiapakan untuk mengecek suhu tubuh calon penumpang, kalau lebih 37 derajat akan disarankan untuk pulang dan memeriksakan kesehatannya. Kami juga menyediakan tempat cuci tangan di beberapa titik di area stasiun," kata Indra.

Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Noxy Citrea mengatakan, ada beberapa persyaratan tambahan yang wajib diterapkan penumpang seperti kondisi kesehatan prima, mengenakan masker dan mengenakan pakaian lengan panjang sesuai dengan surat edran Ditjen Kemenhub RI tentang petunjuk teknis pengendalian transportasi perkeretaapian.

“Kereta reguler beroperasi di tengah pandemi dengan tujuan melayani masyarakat yang melakukan perjalanan dengan selamat, aman, nyaman dan sehat sampai tujuan. Untuk itu kami mengimbau penumpang untuk menerapkan protokol kesehatan selama dalam perjalan dengan kereta api. Saat ini KA Siliwangi sudah beroperasi dengan jadwal normal kembali, " kata Noxy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement