Jumat 03 Jul 2020 13:15 WIB

STMIK Nusa Mandiri Luncurkan Lentera UMKM

Kegiatan ini didukung penuh dosen dan mahasiswa STMIK Nusa Mandiri.

Dokumentasi peluncuran Lentera UMKM oleh STMIK Nusa Mandiri yang diselenggarakan secara online.
Foto: Dok STMIK Nusa Mandiri
Dokumentasi peluncuran Lentera UMKM oleh STMIK Nusa Mandiri yang diselenggarakan secara online.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Nusa Mandiri bekerja sama dengan Young Professional IEEE Indonesian Section meluncurkan Lentera UMKM – Technology Solution for MSMEs Product Selling Market in Pandemic Covid-19 era (20-COV-68) secara virtual, Selasa (30/6). 

Lentera UMKM ini merupakan kegiatan kerja sama antara STMIK Nusa Mandiri dan Young Professional IEEE Indonesia Section yang masing-masing  dipimpin oleh Dr  Dwiza Riana S dan Cleossa L A Putri. Lembaga tersebut mendapatkan hibah dari IEEE HAC (Humanitarian Activities Committee) dan EEE SIGHT (Special Interest Group on Humanitarian Technology). 

Dari Indonesia hanya ada beberapa proposal kegiatan yang mendapatkan hibah dari IEEE HAC dan SIGHT. Salah satunya adalah STMIK Nusa Mandiri yang bekerja  sama dengan Young Professional IEEE Indonesia Section. 

Peluncuran Lentera UMKM ini turut dihadiri oleh tamu undangan yang memberikan dukungan, di antaranya Prof  Dr  Eng  Wisnu Jatmiko (ketua IEEE Indonesia Section), Eddy Ganevo (ketua umum Kadin Indonesia) Andriansyah (camat Matraman, Jakarta), Dr  Juri Ardiantoro (Deputi IV KSP Bidang Informasi dan Komunikasi) yang juga (Ketua IKA UNJ) , serta Prof  Ir  Zainal Arifin Hasibuan (ketua umum APTIKOM).

Acara yang berlangsung selama dua jam ini, menghadirkan pembicara Dr Dwiza Riana  (ketua STMIK Nusa Mandiri) dan Project Leader Lentera UMKM,  Hermansyah  (ahli  IT Institut Teknologi Bandung),   Yus Octavia  dan Dr  Nina Kurnia Hikmawat dari Tim Patra Market. 

photo
Ketua STMIK Nusa Mandiri, Dr Dwiza Riana menyampaikan makalahnya.  (Foto: Dok STMIK Nusa Mandiri)

Dr Dwiza Riana, dalam pemaparannya mengatakan bahwa kegiatan Lentera UMKM ini merupakan bagian dari IEEE Humanitarian Activities Committee COVID-19 Project. Kegiatan ini sebagai langkah sederhana merangkul dosen dan mahasiswa dalam berperan aktif memberikan solusi untuk UMKM yang saat ini menghadapi kesulitan di masa pandemi Covid-19. 

“Kegiatan ini  didukung penuh oleh dosen dan mahasiswa STMIK Nusa Mandiri, Camat Matraman sebagai penghubung antara Tim Lentera UMKM dan 43 UMKM yang akan melaksanakan kegiatan bersama. Dukungan juga diberikan oleh IEEE Indonesia Section, Kadin Indonesia, APTIKOM, dan tim Patra Market,”  kata Dwiza dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Ia menyebutkan,  kegiatan ini akan dilakukan selama enam bulan ke  depan.  “Semoga langkah sederhana dari kegiatan Lentara UMKM ini, dapat memberikan solusi kepada UMKM dalam memasarkan produknya di masa pandemi Convid-19. Serta memberikan sumbangsih kepada negara Indonesia, khususnya pada kegiatan berskala Internasional,” tutup Dwiza.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement