Jumat 03 Jul 2020 12:15 WIB

Film Komedi Romantis Muslim Tayang di Bioskop Thailand

Film digarap sutradara Muslim dan dibintangi pemain Muslim Thailand.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Salah satu adegan dalam film komedi romantis Thailand berjudul Ruk Na, Soup Soup. Film mengangkat tentang kehidupan Muslim di selatan Thailand. Film ini juga dibintangi sejumlah aktor dan aktris Muslim.
Foto: Youtube
Salah satu adegan dalam film komedi romantis Thailand berjudul Ruk Na, Soup Soup. Film mengangkat tentang kehidupan Muslim di selatan Thailand. Film ini juga dibintangi sejumlah aktor dan aktris Muslim.

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK -- Sebuah film komedi romantis yang menggambarkan kehidupan Muslim Thailand akan tayang di bioskop negara itu pada 30 Juli mendatang. Film itu berjudul Ruk Na, Soup Soup yang digarap oleh seorang sutradara Muslim di Thailand dengan menampilkan aktor-aktor Muslim di negara itu.

Tak seperti film Thailand pada umumnya, film ini menjadi beda dan menarik lantaran mengangkat identitas Muslim di selatan negara itu yang disajikan dalam komedi romantis yang ringan. "Sutradara ingin membuat film tentang hal-hal yang biasanya tak digarap orang tentang film," kata Manajer PR Pathommatat Khachapa seperti dilansir Khaosod, Jumat (3/7).

Baca Juga

Film Ruk Na, Soup Soup disutradarai oleh Kriengkrai Monwichit dengan diproduksi bersama Monwichit Studio dan M Pictures. Film ini mengangkat cerita tentang tokoh Minnie yang dimainkan oleh Sasanee Weerachat, cucu seorang koki istana Kesultanan Patani. Ia bekerja di Hunsas Restaurant yakni sebuah restoran mewah.

Namun, tak sengaja ia justru membuat restoran itu kehilangan rating pengunjung. Minnie harus mengembalikan lagi rating restoran itu.

 

Di lain sisi ia juga berupaya agar tidak jatuh cinta pada pemilik restoran. Beberapa aktor dalam film itu, termasuk Sasanee Weerachat adalah seorang Muslim. 

Memang tak banyak film-film di Thailand yang menggambarkan Muslim di sana. Padahal berdasarkan data resmi, 5,4 persen dari populasi penduduk Thailand adalah Muslim atau sekitar 3,7 juta jiwa. Kebanyakan Muslim berada di wilayah selatan negara itu dimana mereka membentuk hampir 30 persen dari populasi. 

Beberapa film sebelumnya, seperti film pendek I'm Not Your F...ing Stereotype pada 2019 menceritakan seorang gadis Muslim Thailand Selatan yang memperoleh intimidasi di sekolah. Film tersebut dibuat oleh Hesome Chemamah.

Film itu sempat memenangkan penghargaan sebagai film pendek Asia Tenggara terbaik di Festival Film Internasional Singapura ke-30. Ada juga Latitude 6 pada 2015 sebuah film tentang kerusuhan di selatan negara itu. 

https://www.khaosodenglish.com/life/arts/2020/07/02/muslim-rom-com-to-enter-thai-theaters-july-30/

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement