Jumat 03 Jul 2020 11:07 WIB

Tips Pilih Sekolah Swasta

Anak-anak perlu dilibatkan dalam memilih sekolah, tempat kelanjutan pendidikannya.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi pendaftaran peserta didik baru. Anak-anak harus dilibatkan ketika memilih sekolah lanjutannya.
Foto: Foto : MgRol_93
Ilustrasi pendaftaran peserta didik baru. Anak-anak harus dilibatkan ketika memilih sekolah lanjutannya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Anak yang tidak lulus pendaftaran peserta didik baru (PPDB) di sekolah negeri kini sibuk mencari sekolah swasta. Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia Bidang Pendidikan Retno Listyarti merekomendasikan empat tips memilih sekolah swasta.

Libatkan anak

Baca Juga

Retno mengatakan, hal yang paling utama diperhatikan dalam memilih sekolah swasta terbaik ialah dengan tetap melibatkan anak. Pastikan ananda sepakat untuk menempuh pendidikan di sekolah tersebut.

Retno mengingatkan agar orang tua tak memaksakan kehendak pada anak. Jangan sampai anak merasa stres hingga tidak maksimal belajar di sekolah baru.

Orang tua harus mengajak anak bicara, terutama yang memasuki jenjang SMP dan SMA/SMK. Ayah dan ibu harus memastikan anaknya akan nyaman bersekolah di tempat tersebut, terutama anak-anak yang masih berusia balita atau setidaknya di bawah usia 12 tahun.

Profil sekolah

Sekolah swasta biasanya memang memberikan pilihan lebih spesifik, misalnya, berbasis agama atau menonjolkan keterampilan tertentu. Karena itu, pelajari dahulu mengenai profil sekolah swasta yang hendak dipilih.

"Sebenarnya, hal ini opsional, tergantung jenis sekolah yang diinginkan,” ujar Retno kepada Republika.co.id, Jumat (3/7).

Lihat lingkungan dan rekam jejak sekolah

Orang tua harus memperhatikan lingkungan sekolah. Tak ada salahnya mengamati secara langsung mengenai sistem belajar, interaksi siswa dengan guru, termasuk kegiatan anak-anak didik.

“Rekam jejak sekolah juga harus dijadikan pertimbangan para orang tua,” kata Retno.

Pertimbangkan jarak dan biaya sekolah swasta

Cari tahu sekolah swasta terdekat dulu. Selain jarak, cermati juga biayanya. Rata-rata, sekolah swasta mematok biaya pendidikan lebih mahal dibandingkan sekolah negeri yang mendapatkan tunjangan dari pemerintah pusat.

“Pastikan mengecek dulu soal biaya bulanan, sesuai dengan kemampuan membayar biaya pendidikan anak,” ujar Retno.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement