Jumat 03 Jul 2020 10:53 WIB

Kisah Muslimah Bosnia Kuasai Tujuh Gaya Bacaan Alquran

Sudah menjadi keumuman Muslim Bosnia mengirim anaknya ke sekolah Alquran

Rep: Andrian Saputra/ Red: A.Syalaby Ichsan
Zubaida Gublic
Foto: Iqna
Zubaida Gublic

REPUBLIKA.CO.ID, SARAJEVO --- Seorang wanita Muslim di Bosnia-Herzegovina mampu menguasai tujuh gaya bacaan Al Quran. Seperti dilansir Iqna.ir pada Jumat (3/7) wanita itu bernama Zubaida Gublic. Ia disebut sebagai wanita pertama di Bosnia-Herzegovina yang menguasai tujuh gaya membaca Alquran.

Zubaidah mengungkapkan kemampuannya menguasai tujuh gaya bacaan Alquran dalam sebuah wawancara dengan Arab21. Zubaida mengaku telah menyukai belajar Quran sejak kecil. Ia pun telah mulai menghafal Alquran di kelas-kelas tradisional sejak usia dini.

"Saat pembimbing Quran bernama Abdul Qadir Cardic memulai kursus menghafal Quran di sekolah kamk, saya dan saudara perempuan saya Zahida mulai mengambil kursus itu," kata Zubaida. 

Kedua orang tuanya yakni Mustafa dan Asmita pun turut mendukung anak-anaknya mempelajari Alquran. Zubaida dan saudaranya Zahida mempelajari seluruh isi Alquran pada 2007.  Keduanya pun menikah, suami Zubaida dan Zahida juga seorang penghafal Alquran.

Setelah lulus dari Fakultas Sains Islam di Universitas Sarajevo pada 2011, Zubaida langsung memutuskan untuk mempelajari tujuh gaya membaca Alquran. 

Ia mengaku pada awalnya mempelajari tujuh gaya bacaan Alquran sangat sulit, namun berkat tekad dan dorongan dari suaminya, Zubaida pun berhasil menguasai tujuh gaya bacaan Alquran pada 2014. Ia mengungkapkan  gaya bacaan Alquran sangat penting karena membuka peluang untuk lebih mendalami dan memahami Alquran dan menyelami bidang tafsir Alquran.

Ia pun berharap bisa meningkatkan pengetahuannya di bidang Alquran dan mengajarkan gaya bacaan Alquran itu di negaranya. Dalam kesempatan itu, Zubaida juga mengungkapkan tentang kemampuan Muslim Bosnia-Herzegovina dalam mempelajari Alquran. Menurut dia sudah menjadi keumuman di antara Muslim Bosnia mengirim anak-anak mereka ke sekolah Alquran dan mendorong anak-anaknya menjay para penghafal Alquran.

Islam di Bosnia-Herzegovina menjadi agama dengan populasi terbanyak, dengan hampir 50 persen dari populasi di negara itu. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement