Kamis 02 Jul 2020 19:50 WIB

Honda Civic Type R Limited Edition Resmi Jadi Safety Car

Civic menjadi safety car dala, gelaran WTCR 2020.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Honda Civic Type R Limited Edition resmi menjadi Safety Car pada gelaran World Touring Car Cup (WTCR) 2020. (
Foto: dok. Honda
Honda Civic Type R Limited Edition resmi menjadi Safety Car pada gelaran World Touring Car Cup (WTCR) 2020. (

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON—Sejumlah produk Honda dilahirkan dalam DNA sporty. Oleh karena itu, beberapa produk pabrikan asal Jepang ini pun juga identik dengan dunia balap.

Kali ini, Honda Civic Type R Limited Edition pun resmi menjadi Safety Car pada gelaran World Touring Car Cup (WTCR) 2020. Kegiatan WTCR 2020 yang dipromotori oleh Eurosport Events ini terdiri dari 6 putaran dan akan berlangsung di Eropa.

Baca Juga

Head of Eurosport Events, François Ribeiro, mengatakan, Honda memiliki sejarah panjang dalam kompetisi FIA World Touring Car dan memiliki komitmen jangka panjang dalam kategori.

“Tentu kami senang menyambut Honda sebagai mitra baru dengan menjadi Safety Car resmi dari FIA World Touring Car Cup. Mobil ikonik seperti Civic Type R dengan peringkat keamanan yang sangat baik, sporty, kualitas dinamis, serta keterjangkauannya sangat cocok dengan filosofi WTCR,” kata François Ribeiro dalam keterangan pers kepada Republika.co.id pada Kamis (2/6).

Dengan tetap mempertahankan mesin VTEC Turbo 2 liter yang memiliki output hingga 320PS pada 6.500 rpm dan torsi 400Nm, Honda Civic Type R Limited Edition dapat melaju pada kecepatan 0 hingga 100 kilometer/jam dalam waktu 5,7 detik.

Dikembangkan sesuai dengan tradisi Type R serta kinerja lintasan sebagai fokus utamanya, Honda Civic Type R Limited Edition juga memiliki teknologi keselamatan aktif terdepan yang telah mendapatkan peringkat teratas dalam tes Euro NCAP. Selain itu, Type R Limited Edition akan membawa corak baru bagi WTCR 2020 dengan warna ‘Sunlight Yellow’.

Desain livery ini terinspirasi dari filosofi dibalik produksinya yang merupakan karya dari seniman Belgia Vanuf yang telah merancang berbagai desain mobil Honda.

Optimalisasi kinerja diatas lintasan juga didukung dengan velg BBS ringan 20 inch, ban Michelin Pilot Sport Cup-2, damper yang telah dimodifikasi, serta 2 buah floating brake discs. Interior strip-back limited edition pada Type R Limited Edition juga berkontribusi untuk mengurangi 47 kg bobotnya dibandingkan dengan Type R GT.

Setelah diluncurkan pada bulan Februari di JAS Motorsport Milan, Civic Type R Limited Edition adalah salah satu dari dua varian baru yang akan ditambahkan pada jajaran Type R untuk tahun 2020 sebagai versi ekstrim dari hatchback ini. Selain itu, dikabarkan pula bahwa 4 Honda Civic Type R TCR juga akan muncul pada ALL-INKL.COM Münnich Motorsport dan ALL-INKL.DE Münnich Motorsport.

Kembali pada soal WTCR 2020, event ini sendiri merupakan gelaran balap tertinggi dalam kelas touring car. Tahun ini, balapan akan diawali di Salzburgring, Austria pada tanggal 12 dan 13 September 2020.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement