Kamis 02 Jul 2020 17:53 WIB

Bio Farma: Covid-19 Kesempatan Percepat Ekspansi Perusahaan

Di kenormalan baru vaksin akan menjadi basic needs masyarakat

Mobile Laboratorium Bio Safety Level (BSL) 3 milik Bio Farma, (ilustrasi).
Foto: Antara/M Agung Rajasa
Mobile Laboratorium Bio Safety Level (BSL) 3 milik Bio Farma, (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bio Farma menilai pandemi Covid-19 saat ini sebagai kesempatan atau peluang untuk mempercepat ekspansi perusahaan.

"Kami justru melihat bencana pandemi ini sebagai golden opportunity untuk mempercepat ekspansi perusahaan," ujar Direktur Pemasaran, Riset, dan Pengembangan Bio Farma Sri Harsi Teteki di Jakarta, Kamis (2/7).

Baca Juga

Menurut dia, begitu banyak inisiatif, bisnis, dan produk baru yang dikembangkan Bio Farma menyusul datangnya pandemi sejak awal Maret lalu.

"Tentu saja prioritas utama kami adalah mengembangkan vaksin Covid-19 yang saat ini ditunggu-tunggu oleh segenap masyarakat Indonesia, namun di samping itu banyak produk-produk lain yang kami kembangkan," kata Teki.

Beberapa inisiatif yang sudah dan sedang dikembangkan adalah produksi RT-PCR hasil kolaborasi dalam Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk Penanganan Covid-19 (TFRIC19). Bio Farma juga mengembangkan Mobile Laboratorium Biosafety Level 3 (Mobile Lab BSL-3).

"Kita membutuhkan ribuan Mobile Labs Covid-19 untuk melayani ratusan juta rakyat Indonesia, jadi potensi pasarnya luar biasa besar," ujarnya.

Terkait inovasi di masa pandemi, sebelumnya Bio Farma telah menyiapkan lima skenario inovasi. BUMN berusia 130 tahun ini juga membuat terapi plasma konvalesen, virus transfer media (VTM), hingga jaringan klinik vaksin immunicare.

"Di kenormalan baru vaksin akan menjadi basic needs masyarakat, tak hanya untuk anak-anak namun juga untuk orang dewasa. Sekali lagi ini adalah potensi pasar yang amat besar," kata Teki.

Bagi banyak perusahaan pandemi Covid-19 dinilai sebagai ancaman mematikan bagi bisnis mereka. Banyak perusahaan berjatuhan karena ditinggalkan konsumen yang tidak bisa lagi ke luar rumah. Sektor pariwisata, hotel, resto, mal, hingga konser musik misalnya, kehilangan konsumen sehingga banyak yang kolaps karena tak lagi mampu meraup omzet.

Namun Bio Farma melihat gonjang-ganjing krisis Covid-19 dari sudut pandang yang berbeda. Pandemi justru menjadi peluang luar biasa yang dimanfaatkan oleh Bio Farma untuk melakukan ekspansi produk dan bisnis.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement