Kamis 02 Jul 2020 16:06 WIB

Joglosemarkerto Kembali Dioperasikan dengan Jadwal Terbatas

Operasional Kereta Api Joglosemarketo akan dimulai pada Jumat (3/7)

KA Joglosemarkerto (ilustrasi)
Foto: Antara/Aji Styawan
KA Joglosemarkerto (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta kembali mengoperasikan Kereta Api Joglosemarkerto meski dengan jadwal perjalanan terbatas. Yaitu hanya dijalankan saat akhir pekan sembari dievaluasi sesuai perkembangan kondisi di tengah pandemi Covid-19.

“Operasional Kereta Api (KA) Joglosemarketo akan dimulai pada Jumat (3/7),” kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta Eko Budiyanto di Yogyakarta, Kamis (2/7).

Baca Juga

Dengan demikian, masyarakat yang ingin bepergian dari Solo Balapan maupun Stasiun Tugu Yogyakarta dengan sejumlah tujuan seperti Semarang, Tegal, Pekalongan, Purwokerto dapat kembali memanfaatkan moda transportasi darat tersebut. Hanya saja, lanjut dia, KA Joglosemarkerto yang biasanya dioperasikan secara penuh selama tujuh hari dalam sepekan sebelum terjadi pandemi Covid-19, kini hanya beroperasi dengan jadwal perjalanan terbatas yaitu setiap Jumat, Sabtu, dan Ahad.

“Kami akan evaluasi bagaimana kondisi operasional kereta tersebut, termasuk minat masyarakat dan okupansi kereta,” katanya.

Selain KA Joglosemarkerto, KAI juga akan mengoperasikan kembali kereta untuk melayani masyarakat yang ingin bepergian dari Solo atau Yogyakarta menuju Bandung dan Surabaya. Kereta jarak jauh tersebut juga akan dioperasionalkan saat akhir pekan. “Kami tetap mematuhi aturan protokol pencegahan Covid-19 untuk operasional seluruh kereta api. Maksimal tiket yang dijual adalah 70 persen dari kapasitas tempat duduk,” katanya.

Penumpang pun wajib menerapkan dan mematuhi seluruh protokol kesehatan yang ditetapkan yaitu memakai masker, jaga jarak, mencuci tangan, dan mengunduh aplikasi Peduli Lindungi. “Sebelum masuk ke stasiun, penumpang juga akan menjalani pengecekan suhu. Maksimal 37,3 derajat celcius, dalam kondisi sehat, dan dianjurkan memakai pakaian lengan panjang atau jaket,” katanya.

Sebelumnya, PT KAI Daop 6 Yogyakarta juga kembali mengoperasikan secara penuh seluruh jadwal perjalanan kereta lokal relasi Solo-Yogyakarta-Kutoarjo. Yaitu Prambanan Ekspres (Prameks) sebanyak 21 perjalanan per hari dari semula delapan perjalanan per hari.

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement