Kamis 02 Jul 2020 15:29 WIB

Besok, KA Siliwangi Sukabumi-Ciranjang Mulai Beroperasi Lagi

KA Siliwangi kembali beroperasi dengan menerapkan adaptasi kebiasaan baru.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Dwi Murdaningsih
Suasana penumpang yang akan naik kereta di Stasiun Sukabumi, Selasa (4/9).
Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Suasana penumpang yang akan naik kereta di Stasiun Sukabumi, Selasa (4/9).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Kereta Api (KA) Siliwangi jurusan Sukabumi-Ciranjang, Cianjur akan beroperasi kembali mulai Jumat, 3 Juli 2020, KA Siliwangi Relasi Sukabumi. Beroperasinya KA ini dengan menerapkan prosedur masa adaptasi kebiasaan baru (AKB).

'' PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta kembali mengoperasikan kereta api (KA) lokal untuk melayani masyarakat yang ingin bepergian menggunakan sarana itu mulai Jumat, 3 Juli 2020,'' ujar Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa kepada wartawan, Kamis (2/7).

Di wilayah PT KAI Daop 1 Jakarta, KA Lokal yang kembali beroperasi adalah KA Siliwangi relasi Sukabumi – Ciranjang dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Sukabumi.

Rinciannya KA Siliwangi (498) pukul 05.45 WIB, KA Siliwangi (500) pukul 10.55 WIB, dan KA Siliwangi (502) pukul 16.15 WIB. Perjalanan kembali KA Lokal ini mengacu pada Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 No 7 Tahun 2020 tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19.

Pengoperasian kembali KA Lokal ini tentunya akan tetap diikuti dengan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 yang diterapkan pada masa AKB. Salah satunya ungkap Eva, dengan memberlakukan okupansi hanya 75 persen dari okupansi yang diizinkan pada saat normalnya sebanyak 150 persen untuk volume penumpang. 

Eva menuturkan, ada persyaratan yang perlu diperhatikan masyarakat jika ingin naik KA Lokal. Di antaranya calon penumpang dalam kondisi sehat, tidak menderita flu, pilek, batuk dan demam.

Di samping itu calon penumpang wajib menggunakan masker, suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celcius, dan menggunakan pakaian pelindung (jaket atau pakaian lengan panjang).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement